Ini Kata KNKT Soal Kargo Lion Air JT 610

Komite Nasional Keselamatan Transportasi memastikan di dalam pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di Tanjung Karawang pada Senin (29/10/2018) tidak ada barang berkategori berbahaya atau dangerous goods.
Ilham Budhiman | 30 Oktober 2018 18:30 WIB
Anggota keluarga korban pesawat Lion Air JT610 yang jatuh di perairan Karawang berada di Posko Antemortem Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta, Selasa (30/10/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memastikan di dalam pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di Tanjung Karawang pada Senin (29/10/2018) tidak ada barang berkategori berbahaya atau dangerous goods

Wakil Ketua KNKT Haryo Satmiko mengatakan hal itu berdasarkan manifes yang didapatkan oleh pihak KNKT dari pihak Lion Air. Selain itu, volume kargo yang diangkut pun telah sesuai.

"Kami sudah dapatkan datanya. Tidak ada dangerous goods. Volume kargonya saya lupa namun telah sesuai," ujarnya Selasa (30/10/2018).

Di dalam manifest, menurutnya, pihaknya sudah mendapat baik jenis barang, pengirim barang dan berat barang. Semuanya pun telah sesuai prosedur penerbangan.

Investigator Moda Penerbangan KNKT Ony Soerjo Wibowo menambahkan pihaknya mendapat data otentik dari operator dalam hal ini Lion Air menyangkut manifes kargo. 

"Bukti otentik dan bukan kopian. Kalau kopian bisa ditemper. Data itu otentik," katanya.

Sebelumnya, beredar kabar ada "permainan" kargo kiriman oleh oknum pencari keuntungan di beberapa maskapai berjadwal pada permainan berat timbangan barang. Barang secara aktual memiliki berat 100 kgs, tapi dengan sedikit permainan data masuk manifes adalah 50 kgs atau mungkin saja 10 kgs. Permainan seperti ini pastinya tidak satu bagian, tapi bisa ke beberapa bagian.

Pilot menerima manifes dari ground handling total barang kiriman misalkan 20 ton, tapi karena adanya permainan oknum aktual bisa saja 30 ton. Hal ini biasanya dirasakan pilot saat mereka take off dan posisi climbing, mereka susah handling pesawat karena overweight.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lion air jatuh

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top