Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bulog Jamin Stok Beras Aman Hingga Pertengahan 2019

Perum Bulog menjamin stok beras aman hingga pertengahan 2019, sehingga pemerintah tidak perlu melakukan impor.
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso/Antara-Muhammad Adimaja
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso/Antara-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, PADANG – Perum Bulog menjamin stok beras aman hingga pertengahan 2019, sehingga pemerintah tidak perlu melakukan impor.

Direktur Utama Bulog Budi Waseso menyebutkan stok beras yang dimiliki Bulog saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan beras nasional hingga Juni 2019.

“Kalau sampai akhir tahun ini pasti sangat cukup ya, jangan khawatir. Saya sudah prediksi sampai 6 bulan [Juni 2019], hitungan saya tidak perlu impor, masih sangat cukup,” katanya usai mengunjungi gudang Bulog di Padang, Jumat (26/10/2018).

Dengan begitu, tambahnya, pemerintah tidak perlu melakukan impor beras. Apalagi, pada penghujung tahun juga akan memasuki musim panen, begitu juga di tahun depan juga akan penen.

Menurutnya, dengan ketersediaan beras hingga pertengahan tahun depan, pemerintah sudah bisa melakukan ekspor, karena sesuai dengan data BPS, Indonesia sudah surplus produksi besar.

“Berarti kalau suplus kita bisa ekspor, tapi kita lihat nanti. Saya sudah ada [data] ya, justru kalau sudah kelihatan data itu kemungkinan masa panen dengan kondisi cuaca yang bagus justru kumungkinan tidak perlu [impor] lagi,” ujarnya.

Meski begitu, dia mengatakan tetap bisa saja dilakukan impor jika cuaca dan perkiraan panen tidak sesuai dengan prediksi. Namun, melihat kondisi saat ini, dia menilai cadangan beras nasional sangat mencukupi.

Budi Waseso mengatakan yang penting dilakukan saat ini adalah bagaimana meningkatkan produksi dan ketersediaan stok serta menjaga kualitas beras agar betul-betul terjamin.

Selain itu, memprioritaskan bagaimana mengatur harga beras agar tetap terjangkau oleh masyarakat kelas bawah, sekaligus juga mempertahankan harga yang menguntungkan bagi petani, sehingga tidak ada kelompok yang dirugikan.

“Yang kita inginkan adalah harga relatif murah dan sesuai dengan kemampuan masyarakat menengah ke bawah, sehingga daya belinya tetap terjaga,” lanjutnya.

Adapun, untuk wilayah Sumbar Bulog mengklaim stok beras di gudang per September 2018 masih memadai, yakni mencapai 25.000 ton dan diyakini mencukupi untuk kebutuhan daerah itu hingga 10 bulan ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper