Setelah Garuda dan Wings Air, Giliran NAM Air Siap Terbang ke Palu

Penerbangan komersial ke Bandara Mutiara Sis Al-Jufri, Palu, Sulawesi Tengah mulai bertambah menyusul maskapai lain yang sudah lebih dulu beroperasi yaitu Garuda Indonesia dan Wings Air.
Ilham Budhiman | 04 Oktober 2018 00:28 WIB
Penumpang turun dari pesawat NAM Air Boeing 737 500 rute Denpasar - Labuan Bajo. - Bisnis.com/Natalia Indah Kartikaningrum

Bisnis.com, JAKARTA - Penerbangan komersial ke Bandara Mutiara Sis Al-Jufri, Palu, Sulawesi Tengah mulai bertambah menyusul maskapai lain yang sudah lebih dulu beroperasi yaitu Garuda Indonesia dan Wings Air.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan satu maskapai tambahan itu adalah NAM Air (Sriwijaya Air Group) sehingga total saat ini berjumlah tiga penerbangan komersial.  

Budi Karya menjelaskan penerbangan komersial di bandara itu diharapkan ke depannya akan terus bertambah.

"Tanggal 2 [Oktober 2018] kita tingkatkan dengan tiga penerbangan yaitu Garuda, Wings dan NAM Air sehingga hari ini sudah ada tiga dan akan ada lagi beberapa penerbangan," katanya, Rabu (3/10/2018).

Menhub mengatakan slot penerbangan di bandara itu dalam 1 hari rata-rata ada 40 take off-landing di antaranya 20 landing dan 20 take off, sehingga pihaknya memperkirakan ada pembagian untuk penerbangan komersial dan kemanusiaan di bandara itu.

"Jadi slot yang kita perkirakan itu paling tidak separuh untuk komersial dan separuh untuk penerbangan kemanusiaan. Jadi kita perkirakan 20 take off-landing komersial dan 20 take off-landing untuk kegiatan kemanusiaan dan bantuan yang lain," ujarnya.

Adapun, pesawat yang dapat mendarat di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri adalah pesawat penerbangan dengan jenis ATR dan bombardier, namun ke depan pesawat jenis 737 atau airbus dapat diakomodir setelah proses perbaikan runway bandara selesai dalam 2 bulan. 

Tag : Gempa Palu
Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top