ASIAN PARA GAMES 2018: Kemenhub Siapkan Fasilitas Penunjang

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siap mendukung penuh perhelatan Asian Paragames 2018 dengan menyiapkan berbagai fasilitas demi menunjang mobilitas atlet dan kru pendukung.
Ilham Budhiman | 26 September 2018 09:45 WIB
Atlet penyandang disabilitas peraih medali emas Porcanas 2004 I Wayan Sumertayasa membawa Api Obor Asian Para Games 2018. /JIBI/BISNIS - Ni Putu Eka Wiratmini

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siap mendukung penuh perhelatan Asian Para Games 2018 dengan menyiapkan berbagai fasilitas demi menunjang mobilitas atlet dan kru pendukung.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan untuk menunjang mobilitas atlet, pihaknya menyiapkan 11 unit bus dengan kapasitas 10 kursi roda. Kendaraan yang disiapkan tersebut berjenis low deck yang telah dimodifikasi dengan melepas tempat duduk, pemasangan stopper, dan seat belt.

Selain 11 unit bus jenis low deck, kata dia, pihaknya menyiapkan 100 unit bus ukuran medium jenis high deck selama penyelenggaraan Asian Para Games. Kemenhub juga menerapkan sistem ganjil-genap dan bagi kendaraan golongan III, IV, dan V dilakukan pembatasan waktu operasional di jalan tol.

Menhub mengungkapkan bahwa hal yang harus menjadi perhatian adalah atlet yang menggunakan kursi roda cukup banyak dan pada waktu tertentu terdapat 6 pesawat datang bersamaan.

“Hal yang kritikal adalah waktu, yang menggunakan kursi roda jumlahnya sangat banyak yaitu 1.100. Ada waktu tertentu dimana 6 pesawat datang bersamaan di Terminal 2 dan 3," kata Menhub dalam siaran pers, Rabu (26/9/2018).

Oleh karena itu, dia mengharapkan kerja sama antara petugas dari bandara, PT Angkasa Pura II, PT Gapura Angkasa, Komunitas Bandara Soekarno Hatta (Kombatta) harus berjalan dengan baik.

Tag : Asian Paragames 2018
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top