Orang Utan Adopsi PT Bridgestone Tire Indonesia Siap Kembali ke Habitat Aslinya

PT Bridgestone Tire Indonesia mendukung pelestarian orang utan melalui program Ecopia Supports Orang Utan.
Annisa Sulistyo Rini | 31 Agustus 2018 16:15 WIB
Presiden Direktur Bridgestone Tire Indonesia Akihito Ishii (tengah), Sales and Marketing Director Bridgestone Tire Indonesia Yuichi Asaoka (kanan) dan Assistant to Sales & Marketing Director Bridgestone Tire Indonesia Frankie Paduli (kiri) seusai memindahkan dua orang utan yang diadopsi perseroan, Obi dan Elder, ke pulau pra-pelepasliaran di Samboja, Kalimantan Timur, Jumat (31/8/2018). - JIBI/Annisa Sulistyo Rini

Bisnis.com, BALIKPAPAN—PT Bridgestone Tire Indonesia mendukung pelestarian orang utan melalui program Ecopia Supports Orang Utan.

Kegiatan ini sudah berlangsung sejak 2012 dan hampir mencapai puncaknya dengan kedua orang utan yang diadopsi perseroan telah siap untuk kembali ke habitat aslinya.

Program Ecopia Supports Orang Utan merupakan hasil kerja sama Bridgestone Tire Indonesia dengan Yayasan Borneo Orang Utan Survival (BOS). Perusahaan memberikan donasi untuk adopsi dua ekor orang utan serta pelestarian satu hektare lahan hutan di sekitar hutan konservasi orang utan tersebut.

Pada tahun ini, dua orang utan adopsi Bridgestone Tire Indonesia yang bernama Obi dan Elder telah melewati lebih dari 5 tahun masa rehabilitasi di Sekolah Hutan dan telah siap untuk dipindahkan ke pulau pra-pelepasliaran untuk menjalani proses adaptasi lebih lanjut.

“Pemindahan Obi dan Elder ini dimajukan dari rencana awal 2020 karena berdasarkan hasil studi dari yayasan BOS, keduanya sudah siap untuk dipindahkan ke pulau pra-pelepasliaran, baik dilihat dari segi umur maupun perkembangan keterampilan dan perilakunya di sekolah hutan,” ujar Akihito Ishii, Presiden Direktur Bridgestone Tire Indonesia, Jumat (31/8/2018).

Selain melepaskan kedua orang utan tersebut, perseroan juga menyumbangkan ban Bridgestone untuk keperluan kendaraan operasional yayasan BOS di lingkungan hutan konservasi Samboja, Kalimantan Timur, termasuk ban unggulan ramah lingkungan, Bridgestone Ecopia.

Produk ban Ecopia lansiran Bridgestone ini diklaim memberikan kontribusi terhadap kelestarian lingkungan karena hambatan gulir yang rendah, sehingga dapat menekan konsumsi bahan bakar dan secara otomatis menekan kadar emisi CO2.

“Kami berharap donasi kami dapat digunakan secara maksimal oleh BOS untuk memastikan kedua orang utan adopsi kami siap untuk kembali ke habitatnya di hutan dengan mandiri,” tambah Akihito.

Adapun, kegiatan Ecopia Support Orang Utan dimulai pada 2012, berlanjut pada 2014 dan 2016 dengan total donasi yang sudah disumbangkan hingga 2016 mencapai Rp1,3 miliar. Ditambah dengan donasi perseroan pada tahun ini senilai Rp340 juta, maka total donasi saat ini mencapai Rp1,64 miliar.

Akihito mengatakan pogram konservasi hutan dan adopsi orang utan yang dilakukan perseroan merupakan salah satu wujud komitmen CSR global Bridgestone Corporation, Our Way to Serve, yang salah satu fokusnya adalah pada lingkungan.

"Program pelestarian satwa unik khas Indonesia ini menjadi salah satu program CSR yang menjadikan Bridgestone Tire Indonesia memperoleh penghargaan Gold dalam Best Country CSR Excellence Award dalam acara 10th Annual Global CSR Summit & Awards 2018, April lalu,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Program Manager BOS, Agus Irwanto, menuturkan pihaknya sangat bersyukur dan bangga dapat melanjutkan kembali kerjasama dengan Bridgestone Tire Indonesia untuk menjadi salah satu donatur bagi Orang Utan Borneo.

"Kembalinya Obi dan Elder ke habitatnya di hutan menjadi salah satu bukti kesuksesan program yang didukung oleh Bridgestone sejak enam tahun yang lalu,” kata Agus.

Dia menambahkan semakin banyak perhatian yang diberikan oleh pihak luar, seperti Bridgestone Tire Indonesia ini, maka akan semakin mempercepat proses konservasi dan rehabilitasi Orang Utan Borneo agar semakin bertambah populasinya.

Tag : bridgestone, orang utan
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top