Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT MMS Lakukan Pelebaran Jalur di KM31+90 Ruas Tol Tangerang Merak

PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) melakukan pekerjaan pelebaran jalur dan peningkatan kualitas jalan di sepanjang Ruas Tol Tangerang-Merak yang dimulai dari Cikupa KM 31+900 sampai dengan Balaraja Barat 39+200 arah Merak dan Jakarta.
Gerbang tol Cikup di Tol Tangerang Merak/dokumentasi
Gerbang tol Cikup di Tol Tangerang Merak/dokumentasi

Bisnis.com, JAKARTA -  PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) melakukan pekerjaan pelebaran jalur dan peningkatan kualitas jalan di sepanjang Ruas Tol Tangerang-Merak yang dimulai dari Cikupa KM 31+900 sampai dengan Balaraja Barat 39+200 arah Merak dan Jakarta.

Pekerjaan itu ditujukan untuk menjaga dan mencegah perbedaan penurunan kualitas jalan karena jalan Tol yang menghubungkan Provinsi Jawa dan Sumatera, banyak didominasi oleh kendaraan besar dan berat yang mayoritas merupakan kendaraan ekspedisi.

Beberapa pekerjaan yang dilakukan antaralain join slablama dan slab baru agar tidak terjadi keretakan salah satunya dengan metode stiching, yang saat ini sedang dilakukan pada KM 31+900 - KM 36+100 arah Jakarta dan juga arah Merak.

ASTRA Tol Tangerang-Merak memulai pelebaran lajur yang semula 2 lajur menjadi 3 lajur sejak tahun 2013 dan di tahun 2017 untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan yang melintas di Tol Tangerang-Merak mulai dilakukan penambahan lajur menjadi 4 lajur.

Pekerjaan pelebaran yang dimulai pada akhir tahun 2017 akan ditargetkan selesai pada awal Oktober 2018. Sampai dengan bulan Agustus ini proses pelebaran sudah memasuki tahapan overlay yang merupakan metode perawatan preventif untuk mempertahankan kondisi jalan tetap berfungsi sesuai desain awal yaitu dengan melapisi aspal baru di atas permukaan aspal lama.

Bersamaan dengan pekerjaan overlay, saat ini juga sedang dilakukan pekerjaan extended pile slab di KM 38+000 sampai dengan KM 37+950 arah Jakarta, merupakan salah satu treatment yang dilakukan pada tanah lunak untuk mengatasi longsor.

“Pada KM 38 arah Jakarta saat ini sedang dilakukan peningkatan jalan dengan melakukan pile slab untuk memperkokoh jalan yang sudah ada,” jelas Manager Peningkatan Jalan Wilayah 2 PT Marga Mandalasakti, Imam Syafii.

“Sejalan dengan program peningkatan kualitas jalan yang sedang kami lakukan saat ini, kami juga tengah melakukan normalisasi drainase di beberapa titik sebagai bentuk antisipasi terhadap banjir. Ini kami lakukan untuk meningkatkan kelancaran dan kenyamanan pengguna jalan dengan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jalan dan juga masyarakat Tol Tangerang-Merak,” tambah Imam.

Penambahan lajur dan peningkatan kualitas jalan yang dilakukan ASTRA Tol Tangerang-Merak ini menjadi salah satu bentuk dukungan terhadap Pariwisata Banten Selatan. Tentunya upaya yang sudah dilakukan ASTRA Tol Tangerang-Merak juga sejalan dengan pemerintah guna mendukung sektor pariwisata dalam hal infrastruktur jalan menuju tempat wisata dengan dilakukannya revitalisasi akses yakni pengembalian fungsi akses menuju dan dari jalan tol seperti di pintu Balaraja Barat, Serang Timur, Serang Barat dan pintu Tol Cilegon Timur. Dengan demikian ASTRA Tol Tangerang-Merak berharap bisa membantu meningkatkan kunjungan wisata ke Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper