Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelni Luncurkan Pengadaan Barang Online Siparsel

Pelni meluncurkan sistem pengadaan barang dan jasa secara online dan realtime bernama Sistem Informasi Pengadaan dan Rantai Pasok Pelni (Siparsel) untuk meningkatkan transparansi bisnis.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 30 Agustus 2018  |  19:59 WIB
Penumpang bersiap menaiki kapal KM Nggapulu tujuan Surabaya, Makassar dan wilayah timur Indonesia di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (14/6). - Antara/Hafidz Mubarak A
Penumpang bersiap menaiki kapal KM Nggapulu tujuan Surabaya, Makassar dan wilayah timur Indonesia di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (14/6). - Antara/Hafidz Mubarak A
Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelni (Persero) meluncurkan sistem pengadaan barang dan jasa secara online dan realtime bernama Sistem Informasi Pengadaan dan Rantai Pasok Pelni (Siparsel) untuk meningkatkan transparansi bisnis. 
 
Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero) Ridwan Mandalika mengatakan manajemen perlu melakukan perubahan pelayanan secara drastis mengingat pengadaan barang dan jasa merupakan bagian penting Pelni. 
 
“Sistem informasinya dibuat online dan tidak perlu tatap muka untuk sekadar meminta informasi pengadaan barang dan jasa. Sangat praktis bagi mitra kerja dan juga untuk Pelni,” katanya, Kamis (30/8/2018).
 
Siparsel yang merupakan salah satu aplikasi Oracle itu mengelola proses pengadaan dan inventori menurut praktik terbaik. Sebelum Siparsel, Pelni sudah mengimplementasikan aplikasi Oracle EBS Finance untuk keuangan.
 
Siparsel, tutur dia, memiliki beberapa keunggulan, misalnya informasi yang disampaikan lebih akurat sehingga penyedia barang dan jasa lebih mudah mendapatkan informasi dan data-data spesifikasi barang atau jasa yang dibutuhkan Pelni. 
 
Siparsel memuat laporan yang terstandardisasi, kode barang lebih teratur dan seragam, kemudahan proses persetujuan, persediaan barang lebih terkendali, budget lebih terkontrol, proses pengadaan lebih terukur, first expired first out untuk pemakaian barang, serta integrasi proses pengelolaan inventori di kapal dengan kantor pusat. 
 
Integrasi antara kapal dan kantor pusat dimungkinan karena di kapal-kapal Pelni sudah tersedia jaringan internet dan telekomunikasi.
 
Selain itu, melalui pengembangan teknologi informasi yang berkelanjutan, Pelni memiliki aplikasi mobile untuk pemesanan tiket penumpang dan pemesanan angkutan barang. 
 
“Dengan dukungan TI, Pelni terus meningkatkan pelayanan. Proses pembelian tiket, pesan ruang muat di kapal, dan pengiriman barang, cukup dengan ponsel. Ini sangat praktis. Masyarakat bisa download aplikasinya di Google Play,” kata Ridwan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelni
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top