Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pasar Sewa Apartemen Mewah di AS Bersaing Ketat

Berbeda dengan kebanyakan kondisi properti di seluruh dunia, beberapa kota di Amerika Serikat justru mengalami persaingan yang sangat ketat terhadap harga apartemen sewa mewah kelas premium.
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 23 Agustus 2018  |  22:59 WIB
Pengunjung melihat maket apartemen Carstensz Residence saat acara peluncuran show unit pertama di mal Living World Alam Sutra, Banten, Rabu (25/10). - JIBI/Felix Jody Kinarwan
Pengunjung melihat maket apartemen Carstensz Residence saat acara peluncuran show unit pertama di mal Living World Alam Sutra, Banten, Rabu (25/10). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Berbeda dengan kebanyakan kondisi properti di seluruh dunia, beberapa kota di Amerika Serikat justru mengalami persaingan yang sangat ketat terhadap harga apartemen sewa mewah kelas premium.

Berdasarkan hasil riset Summer Apartment Market Update oleh RealPage, pertumbuhan sewa apartemen kelas atas secara umum di Amerika Serikat (AS) naik sebesar 2,4% dibandingkan kuartal pertama 2018.

Dengan perincian, diantara 50 pasar apartemen terbesar di AS, sebagian besar pasar tersebut mengalami pertumbuhan sewa sebesar 2% atau lebih, pada lini produk kelas premium.

Pertumbuhan apartemen sewa kelas premium yang paling menonjol adalah Orlando dan San Jose, yaitu dengan angka pertumbuhan mencapai 7,2%, pertumbuhan apartemen sewa terbaik dan terbesar di AS

Orlando juga menjadi salah satu kota pemain properti terbaik di AS, kendati kondisi perekonomian saat ini. Secara keseluruhan, harga sewa di segmen kelas premium di Orlando telah tumbuh hampir 60% sejak 2009.

Walaupun demikian, di San Jose secara keseluruhan pertumbuhan 7,2% dinilai masih kecil dibandingkan dengan 2011 dan 2015 pertumbuhan sewa kelas premium San Jose yang mencapai angka dua digit.

Selain itu, Las Vegas membukukan pertumbuhan harga sewa kelas premium tahunan sebesar 5,6%.

Las Vegas, yang merupakan subpasar pinggiran kota, menguasai tingkat tertinggi pertumbuhan sewa di unit kelas premium tetapi tidak sekokoh apa yang terlihat selama empat tahun terakhir dan tidak separah peningkatan lini produk kelas menengah.

Kemudian disusul oleh Houston dan Providence dengan angka peningkata sebesar 5,1% dan dilanjutkan Javksonville sebesar 4,8%.

Sama dengan San Jose, baik di Providence maupun Jacksonville, pertumbuhan sewa sekitar 5% di kelas premium jauh di atas rata-rata selama 10 tahun terakhir.

Walaupun demikian, hal tersebut masih menjadi kinerja terbaik di antara pasar apartemen sewa secara keseluruhan di Providence.

Pertumbuhan apartemen sewa kelas premium terbaik lainnya berkisar antara 3,9% dan 4,4%, yaitu di Tampa, Riverside, Phoenix dan San Diego.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apartemen
Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top