Pemilihan Ketua Inkindo Digelar Via E-Vote

Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) akan menggelar musyawarah nasional yang salah satu agendanya memilih ketua umum yang baru. Untuk pertama kalinya, asosiasi konsultan itu menyelenggarakan pemilihan secara elektronik atau e-vote.
Rivki Maulana | 14 Juli 2018 06:04 WIB
Ikatan Nasional Konsultan Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) akan menggelar musyawarah nasional yang salah satu agendanya memilih ketua umum yang baru. Untuk pertama kalinya, asosiasi konsultan itu menyelenggarakan pemilihan secara elektronik atau e-vote.

Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Inkindo, Nugroho Pudji Rahardjo mengatakan Musyawarah Nasional Inkindo 2018 akan digelar pada 22 November di Semarang. Dia menyebut, pemilihan lewat e-vote diharapkan bisa mewakili aspirasi seluruh anggota Inkindo yang jumlahnya mencapai 6.318 perusahaan konsultan.

"Kalau e-vote ini diterapkan, Inkindo akan jadi asosiasi perkumpulan pertama yang menerapkan e-vote," jelasnya selepas Rapat Koordinasi Nasional Inkindo di Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Dia menambahkan, pemilihan secara elektronik sebelumnya sudah digelar di tingkat pimpinan provinsi. Tingkat partisipasi pemilihan mencapai 68% dari jumlah pemilih yang mencapai kisaran seribu anggota.

Di sisi lain, Inkindo telah menyusun peta jalan atau road map pengembangan organisasi hingga 2030 mendatang. Peta jalan dibagi dalam tiga tahap dengan masa tahapan empat tahun. Peta jalan disusun untuk meningkatkan kompetensi konsultan.

Nugroho mengakui, kompetensi konsultan belum merata sebagai imbas dari kurangnya minat lulusan perguruan tinggi berkecimpung di dunia konsultansi. Oleh karena itu, Inkindo akan terus menggandeng perguruan tinggi guna menambah pasokan tenaga konsultan baru seiring dengan pertumbuhan permintaan jasa konsultansi.

Tag : INKINDO
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top