Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIBUR LEBARAN, Penerimaan Retribusi Objek Wisata Sumbar Naik

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatra Barat mencatatkan penerimaan daerah dari retribusi objek wisata selama Lebaran di dua destinasi unggulan daerah itu naik hingga 12,6%.
Kawasan Wisata Mandeh./.Antara
Kawasan Wisata Mandeh./.Antara

Bisnis.com, PADANG— Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatra Barat mencatatkan penerimaan daerah dari retribusi objek wisata selama Lebaran di dua destinasi unggulan daerah itu naik hingga 12,6%.

Kepala Dinas Pendapatan Pessel Desrianto Putra menyebutkan penerimaan selama libur Lebaran di dua objek wisata yakni Pantai Carocok dan Kawasan Mandeh mencapai Rp525 juta.

Angka penerimaan dari retribusi tiket masuk itu meningkat dari realisasi saat libur Lebaran tahun lalu yang hanya sebesar Rp466 juta.

“Meningkat cukup tinggi dibandingkan tahun lalu. Di objek Pantai Carocok saja menyumbang Rp397 juta dan Kawasan Mandeh Rp128 juta,” katanya.

Dia menuturkan pemerintah setempat memaksimalkan penerimaan di kedua destinasi wisata tersebut, guna meningkatkan penerimaan daerah dari sektor pariwisata.

Menurutnya, tingginya kunjungan ke Pantai Carocok diyakini karena kawasan wisata pantai itu dekat dengan ibukota Kabupaten Pesisir Selatan yaitu Painan, sehingga akses wisatawan juga lebih gampang.

Apalagi, untuk masuk kawasan wisata tersebut hanya melalui satu pintu masuk, sehingga penerimaan retribusi menjadi optimal.

“Kalau Kawasan Mandeh, pintu masuknya banyak, jadi belum optimal [penerimaan retribusi tiket masuk],” ujarnya.

Secara umum, imbuhnya, seluruh objek wisata daerah itu ramai dikunjungi wisatawan, terutama objek wisata yang dekat dengan Kota Padang dan Painan, ibukota Pessel.

Selain Pantai Carocok dan Kawasan Mandeh, objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan adalah Jembatan Akar, Pantai Tan Sridano, Pasir Putih Kambang, Bayang Sani, Rumah Gadang Mandeh Rubiah, dan objek lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper