Arus Balik Diprediksi Meningkat Lagi Akhir Pekan Ini

Kementerian Perhubungan memprediksi arus balik kendaraan akan meningkat lagi pada akhir pekan ini kendati jadwal cuti bersama yang ditetapkan pemerintah telah berakhir.
Ilham Budhiman | 21 Juni 2018 23:02 WIB
Antrean panjang kendaraan mobil arus balik melintasi jalur tol fungsional Solo-Salatiga di Susukan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (18/6/2018). - Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan memprediksi arus balik kendaraan meningkat lagi pada akhir pekan ini kendati jadwal cuti bersama yang ditetapkan pemerintah telah berakhir.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengatakan hal ini menyusul waktu libur anak sekolah yang masih berlangsung setidaknya hingga pekan depan.

Oleh karena itu, pihaknya kembali menyiapkan langkah antisipasi berupa contraflow di jalan tol apabila terjadi peningkatan kepadatan arus kendaraan.

"Kita lakukan dulu contraflow satu lajur. Kalau sudah tidak memadai, baru kita lakukan contraflow satu arah (oneway),” kata Bambang dalam keterangan resminya pada Kamis (21/6/2018).

Menurutnya, prioritas jalan saat ini memang diberikan untuk arus balik, atau sama halnya ketika pihaknya memprioritaskan bagi arus mudik.

"Waktunya kembali, kita prioritaskan orang yang kembali. Kenapa? Orang yang kembali harus on time sampai di kantor. Kalau mereka terlambat, produktivitas pun terlambat. Ekonomi bisa terganggu,” ujarnya.

Bambang mengutarakan beban jalan diupayakan untuk tetap seimbang dan dibagi baik di jalan tol maupun jalan arteri.

“Semua pasti kena dampaknya. Kita tidak bisa mendesain jalan sebesar mungkin. Ini kan hanya case Lebaran, jadi harus dilakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas,” tuturnya.

Tag : Arus Balik, Mudik Lebaran 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top