Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaga Kelancaran Mudik, 175 Personel Berjaga di Terminal Bus Kalideres Jakarta

Sebanyak 175 personel gabungan bersiaga mengamankan Terminal Bus Kalideres, Jakarta Barat selama musim mudik Lebaran.
Sejumlah calon pemudik memadati Terminal Kalideres, Jakarta, Kamis (7/6)./ANTARA-Rivan Awal Lingga.
Sejumlah calon pemudik memadati Terminal Kalideres, Jakarta, Kamis (7/6)./ANTARA-Rivan Awal Lingga.

Bisnis.com, JAKARTA—Sebanyak 175 personel gabungan bersiaga mengamankan Terminal Bus Kalideres, Jakarta Barat selama musim mudik Lebaran.

"Total ada 175 personel gabungan yang disiagakan selama arus mudik ini untuk menjamin kelancaran dan keamanan mudik tahun 2018," kata Kepala Terminal Bus Antarkota Antarprovinsi Kalideres, Jakarta Barat, Revi Zulkarnaen di Jakarta, Kamis (14/6/2018).

Dia menjelaskan 175 personel itu terdiri atas 75 petugas Dinas Perhubungan, 75 personel kepolisian, dan 25 orang petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan BNN.

Menurut dia, pihaknya telah meminta bantuan Polres Jakarta Barat untuk membantu pengamanan di dalam terminal. Hasilnya tidak ada tindak kejahatan di lokasi ini.

"Tindak kejahatan di dalam terminal tidak ada. Beberapa waktu lalu memang ada informasi hipnotis namun kejadiannya di luar terminal, karena tidak ada kecurigaan apapun disebabkan terlihat seperti suami-istri sehingga tidak ada kecurigaan," ujarnya.

Revi mengatakan untuk kesehatan pengemudi bus menjadi titik perhatian sehingga sebelum mereka berangkat diwajibkan memeriksakan kondisi kesehatannya di pos kesehatan, termasuk tes urine.

Hal itu menurut dia untuk menjamin kelancaran mudik sehingga tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan ketika di dalam perjalanan.

"Para pengemudi bus kalau mau jalan harus cek kesehatan dan tes urine yang dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta serta BNN," katanya.

Dia mengatakan kebanyakan pengemudi bus mengalami hipertensi, kemungkinan disebabkan keletihan sehingga tidak diperbolehkan jalan apabila melebihi ambang batas yang telah ditentukan.

Selain itu, petugas Dishub Provinsi Jakarta juga telah melakukan cek kendaraan sebelum berangkat meliputi cek rem, kemudi dan lampu.

Berdasarkan data Pengelola Terminal Bus Antarkota Antarprovinsi Kalideres, Jakarta Barat, jumlah penumpang yang berangkat dari terminal bus antarkota antarprovinsi Kalideres H-8 (7/6/2018) hingga H-2 (13/6/2018) Lebaran, sebanyak 36.873 orang dengan 2439 bus ke berbagai tujuan di dalam dan luar Pulau Jawa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ratna Ariyanti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper