Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ruas Tol Ciawi—Cigombong Difungsikan Besok

Jalan tol BogorCiawiSukabumi seksi 1 ruas CiawiCigombong akan difungsionalkan Jumat (8/6/2018) guna mendukung kelancaran mudik Lebaran.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 07 Juni 2018  |  17:55 WIB
Ruas Tol Ciawi—Cigombong Difungsikan Besok
Jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi ruas Ciawi-Cigombong diufungsikan saat arus mudik Lebaran 2018. - Yanita Petriella

Bisnis.com, JAKARTA — Jalan tol Bogor—Ciawi—Sukabumi seksi 1 ruas Ciawi—Cigombong akan difungsionalkan Jumat (8/6/2018) guna mendukung kelancaran mudik Lebaran.

"Ruas Bocimi [Bogor—Ciawi—Sukabumi] seksi 1 sepanjang 15,35 kilometer ini besok akan dibuka fungsional setelah salat Jumat. Kita lihat jalannya sudah jadi semua tinggal aksesorinya bisa kita fungsikan sebagai fungsional, sudah ada rest area dan parking bay," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono ketika meninjau jalan tol tersebut, Kamis (7/6/2018).

Jalan tol Bocimi memiliki panjang 54 kilometer, tetapi apabila diperpanjang hingga Ciranjang mencapai 78 kilometer.

Pembangunan Bocimi dibagi menjadi empat seksi. Tiga seksi lainnya adalah seksi 2 Cigombong—Cibadak 11,90 kilometer, seksi 3 Cibadak—Sukabumi Barat, dan seksi 4 Sukabumi Barat—Sukabumi Timur 26,75 kilometer.

Untuk seksi 1 Ciawi—Cigombong 15,35 kilometer saat ini progres konstruksinya mencapai 89% dan akan dioperasikan pada akhir Juli tahun ini, sedangkan untuk seksi 2 akan dioperasikan pada akhir 2019.

Nilai investasi jalan tol Bocimi tercata Rp15,95 triliun dan nilai konstruksi mencapai Rp8,85 triliun.

"Nanti 2020 ke Sukabumi terus ke Ciranjang. Mudah-mudahan 2020 bisa nyambung ke Ciranjang, tetapi untuk Sukabumi 2019 ini padat sekali ini. Cibadak kami harapkan mengurai sedikit kepadatan Bogor—Cibadak," tutur Basuki.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna menuturkan bahwa saat ini untuk seksi II tengah dalam proses pembebasan lahan yang baru mencapai 21% dengan luas lahan yang diperlukan 156,56 hektare.

"Seksi 2 lahan masih dilakukan validasi dan pembayaran, sedangkan seksi 3 dan 4 masih dalam proses inventarisasi lahan dan persiapan. Yang seksi 3 dan 4 tambah setahun. Jadi, 2020 selesai," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol Mudik Lebaran Tol Bocimi
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top