MUDIK LEBARAN: Catat, Ini Jalur Rawan Macet di Pekalongan

Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mulai memetakan sejumlah titik rawan kemacetan di sepanjang jalan pantai utara (pantura) pada persiapan arus mudik Lebaran 2018.
Newswire | 24 Mei 2018 10:45 WIB
Ilustrasi: Petugas kepolisian mengatur lalu lintas kendaraan pemudik yang akan memasuki tol di pintu keluar tol Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (29/6). - Antara/Harviyan Perdana Putra

Bisnis.com, PEKALONGAN - Para pemudik yang melalui pantai utara perlu mewaspadai sejumlah titik yang diprediksi menjadi lokasi rawan macet pada musim Lebaran tahun ini.

Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mulai memetakan sejumlah titik rawan kemacetan di sepanjang jalan pantai utara (pantura) pada persiapan arus mudik Lebaran 2018.

Dari hasil pemetaan tersebut, hal yang perlu diwaspadai terjadinya kerawanan kemacetan berada di Jalan Jenderal Sudirman hingga kawasan Jembatan Grogolan, kata Kepala Bidang Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Pekalongan Restu Hidayat di Pekalongan, Kamis (24/5/2018).

Dengan adanya proyek pelebaran Jembatan Grogolan serta perbaikan sarana untuk pejalan kaki, kata Restu Hidayat, di kawasan tersebut rawan macet hingga Jalan Jenderal Sudirman.

Ia menyebutkan kepadatan arus lalu lintas kendaraan selama bulan puasa terjadi di Jalan Gajah Mada, Jalan Pemuda, K.H. Mansyur, Jalan Jenderal Sudirman, hingga Jalan Dr. Sutomo.

"Saya mengimbau masyarakat perlu waspada terhadap kepadatan lalu lintas di jalur pantura maupun jalan dalam kota. Arus lalu lintas kendaraan kini juga mulai meningkat," katanya.

Menurut dia, pada persiapan pengamanan arus mudik Lebaran 2018, Dishub juga melakukan pembenanan pada sejumlah CCTV yang tersambung dengan monitor, di ruang Area Traffick Control System, ATCS milik pemkot.

Sejumlah CCTV itu, kata dia, sebelumnya mengalami kerusakan karena putusnya kabel FO atau cyber  optic akibat perbaikan jembatan Grogolan.

Saat ini, alat tersebut untuk pemantauan arus lalu lintas di pantura. Adapun untuk mencegah kasus serupa terulang kembali, perbaikan yang dilakukan adalah dengan menggeser penempatan kabel FO dari sebelumnya pada sisi selatan ke sisi utara jembatan, katanya.

Selama ini, menurut dia, keberadaan CCTV ATCS sangat membantu Dishub dalam mengatur arus lalu lintas di pantura, terutama saat terjadi ketersendatan atau bahkan kemacetan di jalur pantura.

Sumber : Antara

Tag : mudik lebaran
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top