Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara Kertajati Disiapkan Tampung Pemudik

kertajatiKementerian Perhubungan berupaya menggunakan Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Majalengka sebagai debarkasi pemudik pada masa lebaran 2018.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 20 Mei 2018  |  17:41 WIB
Bandara Kertajati Disiapkan Tampung Pemudik
Lanskap Proyek Bandara Kertajati, Majalengka, Jabar. - Antara/Yudhi Mahatma
Bagikan

Bisnis.com, CIREBON -- Kementerian Perhubungan berupaya menggunakan Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Majalengka sebagai debarkasi pemudik pada masa lebaran 2018.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan BIJB dijadwalkan menggelar historical landing atau pendaratan perdana pada 24 Mei 2018 mendatang.

"Insya Allah kami sedang upayakan [agar) bisa digunakan untuk mudik dari beberapa kota. Angkasa Pura II sedang melaksanakan itu," ujarnya di Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Minggu (20/5/2018).

Progres pembangunan sisi udara BIJB yang mencakup landasan pacu, apron, taxi way, dan air traffic control (ATC) sudah rampung seluruhnya. Adapun, progres sisi darat per 24 April 2018 secara keseluruhan telah mencapai 95%.

Sebelumnya, Kemenhub telah menawarkan sejumlah rute dari enam kota ke beberapa maskapai penerbangan. Enam kota tersebut, yakni Medan, Surabaya, Denpasar, Makassar, dan Samarinda atau Balikpapan.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso sebelumya mengatakan sedang mempersiapkan analisis destinasi asli (origin destination) dari masyarakat Jawa Barat yang sebelumnya menggunakan bandara lain. Pada 24 Mei 2018 nanti, Ditjen Perhubungan Udara akan merilis rute dan maskapai yang bisa terbang dari BIJB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara kertajati
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top