Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Jembatan Timbang Disulap Jadi Rest Area Mudik Lebaran 2018

Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan kepolisian akan mengalihfungsikan jembatan timbang sebagai rest area selama libur mudik lebaran 2018.
Dokumen foto kegiatan jembatan timbang di Sumatera Utara (Sumut)./Antara
Dokumen foto kegiatan jembatan timbang di Sumatera Utara (Sumut)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA —  Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan kepolisian akan mengalihfungsikan jembatan timbang sebagai rest area selama libur mudik lebaran 2018.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi membenarkan ada 7 jembatan timbang di Jawa yang akan digunakan sebagai tempat istirahat bagi pemudik, khususnya pemudik yang menggunakan sepeda motor.

“Ya semua yang di Jawa jadi rest area,” kata Budi kepada Bisnis Senin (14/5/2018).

Budi mengatakan alih fungsi jembatan timbang menjadi rest area dilakukan lantaran Kemenhub menilai masih ada pengemudi yang menggunakan sepeda motor meskipun pihaknya sudah mengimbau untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua itu.

Selain dikarenakan masih ada pemudik yang menggunakan sepeda motor, alihfungsi jembatan timbang menjadi rest area juga dikarenakan pada saat itu angkutan barang atau truk akan jarang beroperasi.

“Karena  untuk truk itu kan pada H-7 dan H+7 itu kan gak beroperasi, jarang lewat, jadi kemudian kita ya menggunakan itu untuk rest area khususnya untuk pengemudi sepeda motor kayak di jembatan timbang Losarang.”

Budi mengaku berdasarkan informasi dari pihak asosiasi, pada saat mudik lebaran dimulai akan banyak pengemudi truk yang mengurangi jam kerja mereka.

“Kalau saya dengar dari asosiasi, begitu libur panjang banyak pengemudi yang mengurangi sinergitasnya. Mereka [asosiasi] sendiri yang bilang, karena kan libur mulai  11 Juni , nah pada saat itu banyak perusahaan yang sudah meliburkan karyawanya apalagi 9 Juni sudah THR, jadi mereka sebagian libur, sebagian enggak karena kan yang gak libur memang butuh  distribusi bahan untuk pabriknya, untuk ekspor impor. Pengiriman gak banyak juga.”

Dalam hal jembatan timbang menjadi rest area, Budi mengaku pihaknya akan membuat rest area yang layak yang dilengkapi dengan banyak fasilitas seperti tempat makan,  bengkel untuk memeriksa kondisi kendaraan, layanan cek kesehatan, mushola dan toilet.

Bahkan tak menutup kemungkinan juga akan disediakan tempat pijat untuk melepas penat para pengemudi seperti halnya di Subang.

Sebagai informasi, lokasi ketujuh jembatan timbang yang akan menjadi rest area saat mudik lebaran antara lain di Cilacap, Indramayu, Kendal, Tuban, Blitar dan Ngawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper