Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Tingginya Pengiriman Saat Ramadan, Ini Langkah J&T

Mengantisipasi membludaknya paket pengiriman di bulan Ramadan, J&T Express melakukan beberapa persiapan sehingga pengiriman tetap dapat berjalan baik dengan menambah SDM hingga 35%.
Ilustrasi kegiatan logistik/Reuters-Noah Berger
Ilustrasi kegiatan logistik/Reuters-Noah Berger

Bisnis.com, JAKARTA – Mengantisipasi membludaknya paket pengiriman di bulan Ramadhan, J&T Express melakukan beberapa persiapan sehingga pengiriman tetap dapat berjalan baik dengan menambah SDM hingga 35%.

Robin Lo, CEO J&T Express, selama 1,5 bulan sebelum memasuki Ramadan terjun langsung ke lapangan untuk mengecek persiapan yang dilakukan setiap cabang di Indonesia untuk mengantisipasi banyaknya pengiriman paket.

“Kami berusaha mempersiapkan pengiriman pada bulan ini sebaik mungkin, karena setiap pengiriman berdampak ke banyak pihak bukan hanya ke pelanggan, tapi juga bagi para partner platform e-commerce J&T Express, sehingga penting bagi kami memastikan seluruh pengiriman terdistribusi dengan baik,” ujarnya pada Senin (14/5/2018).

Perusahaan teknologi pemasaran niaga Criteo mencatat terjadi peningkatan penjualan 24%-25% selama Ramadan dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

J&T Express sebagai perusahaan jasa pengiriman ekspres yang fokus pada bisnis e-commerce tentunya memiliki dampak pengiriman yang siginifikan.

Di samping itu, J&T Express juga menambah armada operasional untuk mempercepat distribusi paket kepada pelanggan, menambah alat pendukung lainnya seperti stok waybill, menambah CCTV dan scanner iData (alat pemindai paket).

Untuk beberapa daerah juga dilakukan pengecekan standard operation procedure yang belum berjalan dengan baik, penggunaan mesin sortir semi auto juga menjadi andalan pada bulan ini di mana mesin sortir J&T Express dapat memproses 950.000 paket per hari.

Selain itu dimungkinkan juga untuk penyesuaian rute di kota kota besar jika terjadi puncak arus mudik nanti yang memengaruhi rute pengiriman paket.

Robin menjelaskan pengiriman J&T Express yang saat ini mencapai 500.000 paket per hari menargetkan pengiriman yang cukup tinggi dari tahun sebelumnya. “Jika pada Ramadan tahun lalu kami mengirimkan 250ribu paket per hari, tahun ini kami targetkan untuk bisa kirim 1 juta paket,” tambahnya.

Dengan persiapan tersebut J&T Express siap melayani pelanggan pada Ramadan tanpa mengubah waktu operasional yaitu 365 hari setahun tanpa libur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper