Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AirAsia BIG Optimistis Naikkan Jumlah Anggota Jadi 2,5 Juta

AirAsia BIG Indonesia optimistis mampu meningkatkan jumlah anggota BIG Loyalty hingga 47% menjadi 2,5 juta orang pada tahun ini.
Air Asia/en.wikipedia.org
Air Asia/en.wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA--AirAsia BIG Indonesia optimistis mampu meningkatkan jumlah anggota BIG Loyalty hingga 47% menjadi 2,5 juta orang pada tahun ini.

Country Head AirAsia BIG Indonesia Arifin Eko Prasetyo mengatakan jumlah anggota yang tercatat sepanjang 2017 sudah mencapai 1,7 juta orang, sedangkan regional Asia mencapai 17 juta orang. Sejumlah program sudah disiapkan perusahaan guna menjaring tambahan 800.000 orang selama setahun.

"Kami menargetkan bisa tumbuh hingga mencapai 2,5 juta member," kata Arifin, Kamis (10/5/2018).

Dia menambahkan hingga saat ini jumlah member yang aktif hanya sekitar 30% dari jumlah keseluruhan. Adapun, angka tersebut diperoleh berdasarkan jumlah anggota yang aktif melakukan redeem maupun peningkatan poin dalam setahun terakhir.

Pihaknya menuturkan strategi utama adalah mempermudah pendaftaran bagi pembeli tiket AirAsia yang mengakses melalui situs resmi. Dalam menu situs, pengguna langsung ditawarkan untuk menjadi member.

Pembeli tiket, lanjutnya, juga akan diberi informasi seputar keuntungan menjadi anggota AirAsia BIG, yakni cashback berupa BIG poin dan peningkatan poin otomatis setelah melakukan penerbangan. Selain itu, ada program diskon harga tiket hingga 90% setiap bulan dan kursi gratis setiap kuartal.

Arifin mengungkapkan setiap promosi yang diadakan untuk member biasanya maskapai menyediakan alokasi 250.000 hingga 500.000 kursi. Rata-rata kursi promosi yang dimanfaatkan member sebanyak 70%.

Kemudahan lain yang ditawarkan adalah member yang ingin melakukan pembelian tiket sudah tidak perlu mengisi data diri karena sudah terekam dalam sistem. Selain itu, poin secara otomatis akan bertambah banyak jika sering melakukan pembelian tiket.

Pihaknya menjelaskan AirAsia BIG menjadi saluran penjualan tiket kedua maskapai setelah situs resminya, di samping ada seluran lain seperti melalui agen perjalanan dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring).

Arifin menuturkan strategi kerja sama dengan pihak lain juga dilakukan guna meningkatkan jumlah member. Salah satunya adalah bekerja sama dengan beberapa perusahaan asuransi.

Hingga saat ini, imbuhnya, AirAsia BIG sudah menggandeng FWD Life dan Ciputra Life. Khusus Ciputra Life, penumpang yang membeli produk asuransi tersebut senilai minimum Rp250.000, secara otomatis akan mendapatkan 1.200 poin.

Selain itu, menjelang ramadhan dan mudik Lebaran 2018, Ciputra Life juga memberikan asuransi kecelakaan diri gratis senilai Rp50 juta kepada semua anggota AirAsia BIG Loyalty.

"Selain kedua perusahaan tersebut, kami belum ada rencana kerja sama lain," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper