Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Studi Kelayakan Tol Pelabuhan Merak Selesai Medio Tahun Ini

PT Marga Mandalasakti menargetkan penyelesaian studi kelayakan proyek jalan tol dari pintu gerbang tol Merak sampai Pelabuhan Merak, Banten selesai pada pertengahan tahun ini.
Gerbang Tol Merak/Istimewa
Gerbang Tol Merak/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Astra Infra Toll Road Tangerang Merak melalui PT Marga Mandalasakti menargetkan penyelesaian studi kelayakan proyek jalan tol dari pintu gerbang tol Merak sampai Pelabuhan Merak, Banten sepanjang 5 kilometer selesai pada pertengahan tahun ini.

Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandalasakti Sunarto Sastrowiyoto mengatakan bahwa perusahaan tengah melakukan kajian awal terkait dengan rencana pembangunan tol hingga Pelabuhan Merak.

Terkait dengan besaran investasi untuk membangun akses jalan tol hingga pelabuhan Merak, pihaknya enggan membeberkannya. Namun, rencananya akses tersebut dibangun secara layang yang tentu lebih besar biaya investasinya.

“DED [detail engineering design]-nya belum, masih bikin FS [feasibility study] awalnya, berapa trafiknya. Ini kajian awal, targetnya kira-kira pertengahan tahun ini selesai," ujarnya kepada Bisnis, belum lama ini.

Kajian tersebut, lanjutnya, juga termasuk pengembangan di Pelabuhan Merak. Pembangunan akses tol hingga Pelabuhan Merak dan pengembangan pelabuhan dibuat guna menunjang Wilayah Pengembangan Strategis (WPS) Pertumbuhan Terpadu Merak—Bakauheni—Bandar Lampung—Palembang—Tanjung Api-Api.

"Ini juga terkait dengan kapasitas dermaga, jumlah kapalnya nanti berapa. Setelah kami kaji, lalu pemerintah yang melanjutkan dan memutuskan," kata Sunarto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper