ASTRA Tol Tangerang-Merak Revitalisasi Akses Jalan Tol

ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak (ASTRA Tol Tangerang-Merak) sebagai badan usaha jalan tol Ruas Tangerang-Merak mensosialisasikan program revitalisasi akses jalan tol tahun 2018 kepada masyarakat sekitar.
Fitri Sartina Dewi | 28 April 2018 00:07 WIB
Gerbang Tol Merak - Istimewa

Bisnis.com,JAKARTA — ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak (ASTRA Tol Tangerang-Merak) sebagai badan usaha jalan tol Ruas Tangerang-Merak mensosialisasikan program revitalisasi akses jalan tol tahun 2018 kepada masyarakat sekitar.

Kegiatan sosialisasi itu dilaksanakan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Serang, Dinas Perhubungan Kota Serang, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Serang, Kepolisian Daerah Provinsi Banten, Satuan Lalu Lintas Polres Kota Serang, Satuan Polisi Pamong Praja.

Kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 40 perwakilan warga terutama di sekitar kawasan akses Tol Serang Timur dan Serang Barat yaitu Desa Penancangan, Desa Dragong dan Desa Kaligandu, Kecamatan Cipocok, Kecamatan Serang dan Kecamatan Taktakan.

Sejak  2013, ASTRA Tol Tangerang-Merak secara konsisten melaksanakan program revitalisasi akses masuk dan keluar jalan tol yang diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 18/PRT/M/2010 tentang Pedoman Revitalisasi Kawasan di sekitar akses jalan tol.

Program revitalisasi akses bermaksud untuk mengembalikan fungsi akses Jalan Tol Tangerang-Merak sehingga akses dapat memberikan manfaat sebaik-baiknya bagi Pemerintah, pengguna jalan dan tentunya masyarakat di sekitarnya. Bentuk revitalisasi akses yang dilakukan sepanjang Tol Tangerang-Merak antara lain perbaikan drainase, pembangunan pagar, pembuatan frontage, penghijauan, dan penertiban jasa angkutan ojek juga pedagang liar.

Tahun 2018, ASTRA Tol Tangerang-Merak kembali melakukan program revitalisasi akses pada empat wilayah yakni Balaraja Barat, Serang Timur, Serang Barat dan Cilegon Timur. Selain itu, proses revitalisasi akses di wilayah Serang Timur sudah memasuki tahap 2.

Manajemen ASTRA Tol Tangerang-Merak yang diwakili oleh Kepala Divisi Hukum & Humas PT Marga Mandalasakti Indah Permanasari menyampaikan bahwa tujuan revitalisasi akses adalah demi kebaikan warga sekitar serta membawa kontribusi positif kepada perkembangan kota.

“Kami sangat mendukung dalam mewujudkan Kota Serang yang asri dan bermartabat dan meningkatkan perkembangan kota sehingga berdampak positif bagi masyarakat sekitar dan pemerintah,” ujarnya melalui siaran pers, Jumat (27/4/2018).

Achmad Mujimi Kepala Dinas Perhubungan Kota Serang mengatakan Pemerintah Daerah Kota Serang menyambut baik program revitaliasi akses ini karena sejalan dengan tujuan pemda.

“Pemerintah Daerah Kota Serang mengucapkan terima kasih kepada PT Marga Mandalasakti atas perhatiannya kepada wajah dan kerapihan Kota Serang,” ucapnya.

Lebih lanjut, dia menyatakan pihaknya menyadari bahwa Pemerintah Daerah tidak mungkin berjalan sendiri untuk membenahi kerapihan Kota Serang. Menurutnya, dibutuhkan adanya dukungan PT MMS (ASTRA Tol Tangerang-Merak) untuk mewujudkan Kota Serang yang lancar dan menekan kemacetan.

“Dengan demikian, kenyamanan masyarakat yang memasuki Kota Serang akan semakin meningkat” imbuhnya.

Kepala Dinas Lingkungan dan Pekerjaan Umum Ir. Mohamad Ridwan MM., juga menyampaikan bahwa adanya sinergi yang selama ini berjalan antara ASTRA Tol Tamer dengan Dinas Pekerjaan Umum mampu memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada di pemukiman warga dan sekitarnya.

“Pertumbuhan Kota Serang berkembang cukup pesat dengan banyaknya pengembang perumahan, industri dan pergudangan. Untuk itu diperlukan perencanaan tata kota dan akses jalan. Melalui program revitalisasi akses yang dilakukan oleh PT Marga Mandalasakti ini sangat membantu dalam menyelesaikan masalah yang ada,” paparnya.

Tag : jalan tol
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top