Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ansor Fair 2018, Simak Pemaparan Yaqut Cholil Qoumas

Gerakan Pemuda Ansor mendorong pemasaran produk Unit Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan menggelar Ansor Fair 2018 sebagai pameran produk UMKM yang dihasilkan kader GP Ansor.
./.Bisnis.Deandra Syarizka
./.Bisnis.Deandra Syarizka

Bisnis.com, JAKARTA-- Gerakan Pemuda Ansor mendorong pemasaran produk Unit Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan menggelar Ansor Fair 2018 sebagai pameran produk UMKM yang dihasilkan kader GP Ansor.

Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan, pameran ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Lahir GP Ansor Ke 84. Selain Ansor Fair 2018, diselenggara kan pula kegiatan Coaching Bussiness, Job Fair, Talkshow, beberapa acara hiburan dan Tasyakuran Harlah GP Ansor Ke 84.

"Hadir di Ansor Fair ini 600 pengurus wilayah. Produknya beragam, mulai dari makanan sampai mesin penggilingan ada. Selain pameran, kita juga melaksanakan coaching business untuk mengajari bagaimana modal tidak habis untuk beli rokok, tetapi untuk tujuan yang ingin kami capai," ujarnya saat pembukaan, Minggu (22/04).

Ansor Fair 2018 saat ini diikuti oleh peserta dari pihak sponsorship dan 16 Pimpinan Wilayah GP Ansor, dan akan memamerkan 83 produk kerajinan tangan, makanan dan minuman olahan, fashion, Obat-obatan herbal dan onderdil. Menurutnya, pameran ini adalah upaya dalam mendorong jiwa kewirausahaan pemuda di kalangan anggota dan kader.

“Saat ini kami memiliki 2,7 juta kader GP Ansor di seluruh Indonesia. Kami wajibkan seluruh pengurus sampai ke wilayah memiliki produk hasil usaha mereka sendiri,” ujarnya.

Dia menambahkan hingga tahun 2020, pihaknya telah menetapkan Kemandirian Organisasi sebagai salah satu misi organisasi, yang juga mencakup pengembangan potensi kewirausahaan anggota. Dalam menjalankan misi tersebut, dia menyebut terdapat dua tantangan utama, yaitu modal dan promosi. Oleh karena itu, dia berharap pameran yang baru dilaksanakan untuk pertama kalinya ini dapat menjadi acara rutin yang berkelanjutan.

Dia pun mengaku tidak memiliki target penjualan khusus dalam acara ini. Pihaknya lebih mengedepankan kemampuan para kader GP Ansor dalam membuka pasar baru dan beradaptasi dengan konsumen.

“Bagi kami yang penting teman-teman bisa beradaptasi dengan konsumen, dan mencari pasar baru sehingga produknya bisa dinikmati di luar konsumen GP Ansor itu sendiri,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper