Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menkeu Ingatkan Penyampaian SPT Orang Pribadi Berakhir Hari Ini

Batas pelaporan SPT berakhir hari ini, Sabtu (31/3/2018), dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap ke depannya wajib pajak tidak lagi menunggu batas akhir pelaporan karena pemerintah telah menyediakan e-Filing.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 31 Maret 2018  |  13:09 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meninjau Kantor Pelayanan Pajak Madya di Jalan Ridwan Rais, Jakarta Pusat, Sabtu (31/3). Aktivitas peninjauan ini sekaligus untuk memastikan proses pelayanan pelaporan di hari tetarakhir ini berjalan optimal. - Bisnis/Edi Suwiknyo
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meninjau Kantor Pelayanan Pajak Madya di Jalan Ridwan Rais, Jakarta Pusat, Sabtu (31/3). Aktivitas peninjauan ini sekaligus untuk memastikan proses pelayanan pelaporan di hari tetarakhir ini berjalan optimal. - Bisnis/Edi Suwiknyo

Bisnis.com, JAKARTA -- Batas pelaporan SPT berakhir hari ini, Sabtu (31/3/2018), dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap ke depannya wajib pajak tidak lagi menunggu batas akhir pelaporan karena pemerintah telah menyediakan e-Filing.

"Kami mengimbau kepada seluruh Wajib Pajak untuk tidak menunggu sampai batas akhir dalam menyampaikan SPT," katanya, seperti dikutip Bisnis dari akun sosial medianya.

Sri Mulyani melanjutkan pemerintah telah menyediakan layanan e-Filing, yang dapat digunakan wajib pajak (WP) dalam menyampaikan SPT secara elektronik di mana saja dan kapan saja. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku sudah memprediksi akan terjadi pelaporan SPT online secara serentak pada hari terakhir, yang membuat sistem down.

"[Sehingga] ada kendala, yaitu salurannya down, kami minta maaf, [tetapi] hal itu menandakan bahwa kami juga harus meningkatkan kemampuan jaringan dan infrastruktur teknologi di Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu," paparnya.

Menkeu menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh masyarakat yang telah sadar dan patuh dalam menyampaikan pelaporan pajak. Dia berjanji uang pajak yang disetorkan kepada negara akan kembali kepada rakyat dalam bentuk bantuan pendidikan, sarana kesehatan, infrastruktur, dan Iain-Iain.

Menurut data terakhir, sebut Sri Mulyani, telah tercatat 10.051.101 orang yang menyampaikan SPT Orang Pribadi (OP). Dari jumlah itu, sebanyak 8.213.098 WP menyampaikan melalui e-Filing dan 1.838.003 lainnya melalui SPT manual.

Penyampaian SPT melalui e-Filing telah meningkat 14,4% jika dibandingkan tahun lalu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pajak
Editor : Annisa Margrit
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top