Ini Jadwal Pengiriman LRT Palembang

MADIUN--PT Industri Kereta Api/INKA (Persero) bakal mengirimkan Light Rail Transit (LRT) Palembang pada 10 April mendatang. LRT tersebut akan diuji coba selama 3 bulan sebelum beroperasi penuh pada Agustus untuk event Asian Games.
Thomas Mola | 14 Maret 2018 17:40 WIB
Ilustrasi Light Rail Transit (LRT) di pedestrian Alun-alun Bandung, Jawa Barat - Antara/Agus Bebeng

Bisnis.com, MADIUN -- PT Industri Kereta Api (INKA) (Persero) bakal mengirimkan Light Rail Transit (LRT) Palembang pada 10 April mendatang. LRT tersebut akan diuji coba selama tiga bulan sebelum beroperasi penuh pada Agustus untuk event Asian Games.

Direktur Komersialisasi PT Industri Kereta Api/INKA (Persero), Agung Sedaju menuturkan pengerjaan 24 gerbong kereta LRT Palembang telah memasuki tahap akhir dan siap dikirimkan untuk dilakukan uji coba di Palembang.

"Kami akan kirimkan 10 April, uji coba sampai Agustus, selama 3 bulan. Saat Asian Games harus sudah siap," ujarnya kepada Bisnis di Madiun, Selasa (13/03/2018).

Agung menjelaskan LRT Palembang sedikit berbeda dengan LRT Jakarta yang sudah otomatis atau Grade of Automation 3 alias tidak memerlukan masinis. LRT Palembang masih akan menggunakan tenaga masinis.

Setelah menyelesaikan pengerjaan LRT Palembang, perusahaan pelat merah ini akan fokus mengerjakan LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (LRT Jabodebek).

Untuk mengerjakan 31 rangkaian kereta LRT Jabodetabek, INKA bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk memastikan kualitas produk sesuai dengan infrastruktur yang tersedia.

"Dari sisi kereta dan kontrol tidak ada perbedaaan, yang signifikan hanya sistem sinyal, kalau tidak otomatis kereta jalan dikendalikan oleh masinis," paparnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
palembang, pt inka, Asian Games 2018, LRT

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top