Kampus Balai Diklat Pelayaran: Minahasa Selatan Hibahkan 21,75 Hektare Lahan

Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan menghibahkan tanah seluas 21,75 hektare kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 26 Februari 2018  |  13:10 WIB
Kampus Balai Diklat Pelayaran: Minahasa Selatan Hibahkan 21,75 Hektare Lahan
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan menghibahkan tanah seluas 21,75 hektare kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan. Tanah tersebut akan digunakan untuk kampus Balai Pendidikan dan Pelatihan Pelayaran Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.

Bupati Minsel, Christiany Eugenia Paruntu mengatakan BDP Minahasa Selatan telah memberi kontribusi nyata bagi pembangunan sumber daya manusia di Sulawesi Utara.

“Kami mengapresiasi Kementerian Perhubungan yang telah menjawab permohonan Pemda dalam menyediakan sarana dan prasarana pendidikan khususnya di bidang pelayaran”, ungkap Christiany dalam siaran pers, dikutip Bisnis.com, Senin (26/2/2018).

Bupati yang akrab dipanggil Tetty ini menambahkan tanah yang sudah dihibahkan akan diserahkan sepenuhnya ke Kemenhub. Kemudian, hak kepemiliakan lahan akan disertifikasi menjadi milik Kemenhub.

Penyerahan hibah tertuang dalam Berita Acara Serah Terima (BAST) antara Bupati Minahasa Selatan dengan Kepala BPSDM Perhubungan.

Perjanjian Hibah Daerah ini juga didasarkan pada Keputusan Bupati Minahasa Selatan Nomor 86 tahun 2018 tentang Penetapan Hibah Barang Milik Daerah Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Berupa Tanah Kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Tahun 2018.

Kepala BPSDMP Djoko Sasono mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan fasilitas pendidikan dan pelatihan guna menghasilkan lulusan yang berkompeten. “Saat ini Balai Diklat Pelayaran Minahasa Selatan telah memiliki fasilitas diklat yang cukup lengkap," ujarnya.

Dia merinci, BDP Minahasa Selatan menyelenggarakan diklat pembentukan, peningkatan, pemutakhiran Nautika dan Teknika, serta pelatihan-pelatihan yang diperlukan dalam bidang pelayaran.

Djoko menyebutkan tahun ini BDP Minahasa Selatan juga mendapat kuota Diklat Pemberdayaan Masyarakat secara gratis kepada masyarakat sekitar Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Gorontalo dan Maluku Utara sebanyak 940 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelayaran

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top