Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Fasilitasi Pembuatan SIM Untuk Taksi Online dan Reguler

Pemerintah akan menggelar pembuatan SIM A Umum kolektif bagi operator atau pengemudi angkutan sewa khusus (online) dan taksi reguler wilayah Jabodetabek.
Surat Izin Mengemudi (SIM)./Antara
Surat Izin Mengemudi (SIM)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah akan menggelar pembuatan SIM A Umum kolektif bagi operator atau pengemudi angkutan sewa khusus (online) dan taksi reguler wilayah Jabodetabek.

Kegiatan itu bakal diselenggarakan pada Minggu (25/2/2018) di eks air mancur Gelora Bung Karno, Jakarta mulai pukul 07.00 WIB. Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan pemerintah memfasilitasi pembuatan SIM A Umum agar para pengemudi angkutan online dan juga taksi reguler dapat bekerja dengan tenang sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kami bekerja sama dengan pihak swasta melalui program CSR mereka, untuk memberi insentif bagi para pengemudi angkutan online dan taksi reguler yang akan membuat SIM A Umum. Setiap pendaftar hanya dikenakan biaya sebesar Rp100.000 per orang," terangnya, Kamis (22/2/2018).

Budi menuturkan proses pembuatan SIM A Umum kolektif ini tetap melalui prosedur yang sudah diterapkan oleh pihak kepolisian. Menurutnya, dengan pembuatan sim secara kolektif diharapkan para pengemudi angkutan online ataupun angkutan taksi reguler dapat segera memenuhi ketentuan yang berlaku yaitu memiliki izin mengemudi.

Terkait kemudahan permohonan uji KIR bagi kendaraan angkutan online, Budi menegaskan bahwa yang dipermudah adalah prosedurnya. Tetapi, pengujian kendaraan tersebut tetap secara teknis harus benar-benar memenuhi persyaratan keselamatan dan laik jalan.

Sebagaimana yang diketahui, Kemenhub bekerjasama dengan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya didukung pihak swasta akan menggelar kegiatan ini dengan kuota keseluruhan 600 orang dari Jabodetabek. Para pendaftar akan terlebih dahulu mengikuti pelatihan di Indonesia Safety Driving Centre (ISDC) di Komplek Satpas Jalan Daan Mogot KM 11 Jakarta pada Sabtu (24/2/2018).

Kegiatan serupa juga bakal digelar di di Surabaya, Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper