Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kota Baru Ditambah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menginisiasi 4 usulan wilayah baru yang berpotensi didukung sebagai kota baru di luar 10 kota baru yang direncanakan dalam RPJMN selama periode 2015-2019.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 14 Februari 2018  |  21:10 WIB
Kota Padang - Setkab.go.id
Kota Padang - Setkab.go.id

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menginisiasi 4 usulan wilayah baru  yang berpotensi didukung sebagai kota baru di luar 10 kota baru yang direncanakan dalam RPJMN selama periode 2015-2019.

Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Dadang Rukmana menyebutkan 4 kota baru yang diinisiasi yakni Sovivi di Maluku Utara, dan Tanjung Selor di Kalimantan Utara, yang merupakan ibu kota provinsi baru yang peru didukung. Selanjutnya Sei Mangkai yang memiliki potensi investasi pengolahan minyak sawit di Sumatra Utara, dan Bandar Kayangan, Lombok.

“Semuanya sudah diusulkan Kementerian PUPR dengan desain rencana pembangunan Infrastruktur. Tapi untuk grand design kami masih tunggu dari Bappenas,” katanya Rabu (14/2).

Menurutnya, kehadiran kota baru diperlukan guna menghindari pertumbuhan penduduk yang merambah ke mana-mana. Selain itu juga efisiensi dalam investasi infrastruktur seperti listrik dan pembangunan sarana air bersih.

Sebelumnya, terdapat 10 kota baru publik yang diamanatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2015—2019 yakni Maja, Padang, Palembang, Pontianak, Banjar Baru, Tanjung Selor, Makasar, Manado, Sorong dan Jayapura

Selanjutnya, dia mengatakan untuk menggarap master plan dan penandatanganan nota kesepahaman harus bekerja sama dengan pengembang yang menguasai lahan di masing-masing wilayah. Pemerintah mengharapkan dukungan pengembang membangun kawasan perkotaan baru yang menyediakan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan terkoneksi dengan program sejuta rumah.

Adapun, untuk 10 kota baru yang telah dicanangkan Dadang menyebut kondisi di daerah Padang rawan akan bencana. Selain itu, pertumbuhan ekonomi dan penduduk pada daerah tersebut juga dinilai sudah terlalu padat. Jadi lebih mendesak untuk disiapkan areal baru di daerah itu untuk mengurangi pertumbuhan perkotaan di ladangnya sendiri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apartemen mewah
Editor : M. Rochmad Purboyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top