Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Soal Suplemen Viostin DS yang Terindikasi DNA Babi, Begini Jawaban Pharos Indonesia

Merebaknya dugaan indikasi DNA babi pada Viostin DS, PT Pharos Indonsia selaku produsen produk tersebut angkat bicara. Melalui keterangan resmi yang diterima Bisnis.com di Jakarta pada Senin (5/2/2018), pabrikan sektor farmasi itu memberikan beberapa tanggapan.
Produk suplemen Viostin DS./JIBI
Produk suplemen Viostin DS./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA—Merebaknya dugaan indikasi DNA babi pada Viostin DS, PT Pharos Indonsia selaku produsen produk tersebut angkat bicara. Melalui keterangan resmi yang diterima Bisnis.com di Jakarta pada Senin (5/2/2018), pabrikan sektor farmasi itu memberikan beberapa tanggapan.

Dalam pernyataannya, perusahaan yang telah berkiprah selama 45 tahun tersebut mengklaim Viostin DS dibuat dengan menggunakan kandungan bahan baku sapi dan sama sekali tidak mengandung babi. Hal tersebut diperkuat oleh sertifikat halal dari Halal Certification Services/HCS yang memberikan legitimasi terhadap pemasok bahan baku perseroan asal Spayol.

Namun, Pharos Indonesia tidak menduga hasil pemeriksaan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada November 2017 terhadap produk Viostin DS dengan nomor bets tertentu ternyata terindikasi terjadi pencemaran.

Dalam penelusuran internal, perseroan kemudian menemukan salah satu bahan baku pembuatan Viostin DS yang berasal dari Spanyol tersebut, yakni Chondroitin Sulfat telah tercemar. Padahal, menurut Pharos Indonesia, hasil uji bahan baku menunjukkan hasil negatif DNA porcine.

Sebagai langkah lanjutan, perusahaan farmasi tersebut kemudian melakukan penarikan produk secara bertahap selama 3 bulan ke depan serta menghentikan produksi dan penjualan.

Adapun, terkait sertifikat halal di Indonesia yang belum tersemat pada Viostin DS , Pharos Indonesia menyebut perseroan tengah menyusun persiapan pendaftaran untuk mendapatkan legalitas tersebut di dalam negeri.

Kemudian, sebagai bentuk pelayanan kepada konsumen, Pharos Indonesia juga membuka kontak pelanggan pada nomor 08111666973 dan 085776252272 terkait mekanisme pengembalian produk Viostin DS.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Andry Winanto
Editor : Ratna Ariyanti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper