Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara Hasanuddin dan Bandara Frans Kaisiepo Didorong Jadi Kawasan MRO

Pemerintah mendorong dua bandara yakni Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dan Bandara Internasional Frans Kaisiepo Biak, Papua mengembangkan diri dengan fasilitas industri perawatan dan perbaikan pesawat (Maintenance, Repair, and Overhaul/MRO).
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 02 Februari 2018  |  13:26 WIB
Pesawat Lion Air mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (11/6). - JIBI/Paulus Tandi Bone
Pesawat Lion Air mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (11/6). - JIBI/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mendorong dua bandara yakni Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dan Bandara Internasional Frans Kaisiepo Biak, Papua mengembangkan diri dengan fasilitas industri perawatan dan perbaikan pesawat (Maintenance, Repair, and Overhaul/MRO).

Direktur Jenderal (Dirjen) Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) I Gusti Putu Suryawirawan menyampaikan keberadaan MRO di dua kawasan bandara ini akan meningkatkan efisiensi bisnis penerbangan di Indonesia. Pasalnya, kebutuhan pesawat di kawasan Indonesia Timur lebih tinggi karena akses terhadap transportasi darat lebih sulit. 

"Keberadaan industri MRO di dua bandara ini cukup penting untuk efisiensi biaya perawatan," katanya melalui keterangan resmi, Jumat (2/2/2018).

Putu mengatakan industri perawatan pesawat dalam negeri mengalami pertumbuhan sebesar 9% dalam 5 tahun terakhir. Dengan potensi ini, maka industri perawatan pesawat merupakan bisnis yang menjanjikan.

"Oleh karena itu, harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," tegasnya.

Putu menyatakan MRO juga dapat digunakan untuk perawatan helikopter, yang menjadi salah satu transportasi udara utama kawasan Indonesia Timur.

Kemenperin akan memfasilitasi serta menginformasikan kepada para investor mengenai potensi bisnis ini. Saat ini, sudah ada beberapa industri MRO yang telah terintegrasi dengan bandara, seperti di Bintan dan Kertajati.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bengkel pesawat
Editor : Annisa Margrit

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top