Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perusahaan Didorong Sertifikasi B-Corp

Perusahaan di Indonesia didorong untuk mengikuti sertifikasi B Corp, sebuah sertifikasi bisnis bertanggung jawab yang memiliki standard penilaian komprehensif untuk membuat pelaku usaha menjadi agen perubahan sosial ke arah yang lebih baik.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 25 Januari 2018  |  21:05 WIB
Ilustrasi. - .thejrc
Ilustrasi. - .thejrc

Bisnis.com, JAKARTA— Perusahaan di Indonesia didorong untuk mengikuti sertifikasi B Corp, sebuah sertifikasi bisnis bertanggung jawab yang memiliki standard penilaian komprehensif untuk membuat pelaku usaha menjadi agen perubahan sosial ke arah yang lebih baik.

Corey Liem, Chairperson and Co Founder Asia Pacific B Corporation Association menjelaskan, untuk mendapatkan sertifikasi B Corp, pelaku bisnis harus melalui proses audit berdasrkan standard yang telah ditetapkan. Pada saat yang bersamaan, pihaknya juga memberikan dukungagn kepada pelaku usaha bisnis agar bisa melakukan perbaikan dalam tata kelola operasional perusahaan.

“B-Corp ingin membangun ekosistem yang terdiri dari pelaku bisnis yang tidak hanya mencari keuntungan, tetapi juga bertanggung jawab sehingga bisa menjadi agen perubahan dunia dengan turut menyelesaikan masalah sosial dan lingkungan,” ujarnya, Kamis (25/1/2018).

Pihaknya menyebut sejumlah indikator yang menjadi tolak ukur penilaian antara lain akuntabilitas, kepedulian terhadap lingkungan, ketenagakerjaan, tanggung jawab sosial kepada komunitas, hingga kepemerintahan. Guna mendapatkan sertifikasi tersebut, setiap perusahaan diwajibkan meraih skor minimum 80 secara umum.

Di seluruh dunia, sebanyak total 2.400 perusahaan di berbagai bidang telah mendapatkan sertifikasi B Corp. Sejumlah perusahaan yang cukup dikenal antara lain Ben and Jerrys, Patagonia, Etsy, Danone, dan masih banyak lainnya.

Adapun di kawasan Asia, gerakan B Corp mulai berjalan sekitar dua tahun yang lalu dan telah melakukan sertifikasi terhadap sejumlah perusahaan di Taiwan. Sementara di Indonesia, pihaknya mengatakan tengah melakukan penilaian terhadap sekitar delapan perusahaan untuk mendapatkan sertifikasi tersebut.

“Kami ingin membentuk ekosistem yang terpadu, mulai dari para aktivis gerakan, industri finansial, pemerintah pusat dan daerah, media, hingga akademisi untuk mendukung prinsip ini,” jelasnya.

Samantha, Managing Director Percolate Galactic, studio kreatif berbasis di Jakarta, menjelaskan pihaknya merupakan perusahaan Indonesia pertama yang mengantongi sertifikat B Corp. Kendati tidak memberikan kontribusi langsung terhadap peningkatan penjualan, pihaknya mengaku adanya sertifikasi tersebut membantu perseroan dalam menjalin relasi dengan kliennya yang berasal dari negara maju seperti Amerika Serikat dan Eropa.

“Mengantongi sertifikat B Corp jelas tidak membuatmu kaya. Di sini juga belum banyak yang peduli akan hal ini. Namun ketika kami bertemu dengan klien kami dari Amerika Serikat dan Eropa, kredibilitas sertifikat ini sudah cukup diakui,” jelasnya,

Presiden Direktur PT Tirta Investama Corine Tap menjelaskan, Danone sebagai perusahaan global telah menunjukkan komitmennya untuk mengimplementasikan nilai-nilai B-Corp ke dalam seluruh jaringan perusahaannya di seluruh dunia. Hingga kini, empat unit usaha Danone yang telah mendapatkan sertifikat B Corp antara lain Danone Dairy Spanyol, Happy Family Amerika, Les2Vaches Perancis dan Danone Dairy Inggris.

“Di Indonesia, prinsip-prinsip yang ada dalam B-Corp telah menjadi DNA perusahaan kami. Saat ini kami juga sedang dalam proses sertifikasi, dan diharapkan dapat selesai dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Menurutnya, kemajuan bisnsi harus sejalan denggan kemajuan sosial dan lingkungan. Dia pun optimistis bahwa lambat laun kesadaran masyarakat untuk membeli produk dan jasa dari perusahaan yang bertanggung jawab pada lingkungan dan kelompok sosialnya akan semakin meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sertifikasi
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top