Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jeff Bezos, dari Garasi Rumah Hingga jadi Orang Terkaya di Dunia

CEO Amazon.com Jeff Bezos menjadi orang terkaya di dunia, dengan kekayaan sebesar US$105,1 miliar. Dari laporan bloomberg, Bezos adalah orang yang paling kaya sepanjang sejarah.
Bos Amazon, Jeff Bezos/Reuters-Mike Segar
Bos Amazon, Jeff Bezos/Reuters-Mike Segar

Bisnis.com, JAKARTA— CEO Amazon.com Jeff Bezos menjadi orang terkaya di dunia, dengan kekayaan sebesar US$105,1 miliar. Dari laporan bloomberg, Bezos adalah orang yang paling kaya sepanjang sejarah.

Dengan pasar saham melonjak ke titik tertinggi dalam beberapa hari pertama 2018, kekayaan Bezos meroket, tumbuh US$6,1 miliar hanya dalam lima hari perdagangan. Hal itu terjadi karena sebagian besar kekayaan Bezos dalam bentuk saham Amazon.com, raksasa ritel online. Saham Amazon naik 56% pada tahun 2017 dan lebih dari 6% sejak awal tahun ini.

Kekayaan Bezos melampaui kekayaan pemilik Microsoft Bill Gates, melewati angka US$100 miliar pada bulan November, berkat lonjakan belanja online pada musim liburan menjelang Natal.

Namun, bagaimana perjalanan hidup Bezos bisa menjadi orang terkaya di dunia?

Tertarik teknologi sejak kecil

Jeff Bezos, dari Garasi Rumah Hingga jadi Orang Terkaya di Dunia

Pria plontos bernama lengkap Jeffrey Preston Bezos lahir di Albuquerque, New Mexico, 12 Januari 1964. Jeff Bezos dilahirkan di keluarga yang memiliki peternakan. Sejak kecil Jeff menyukai bidang-bidang terkait dengan elektronik dan teknologi.

Bezos menunjukkan minatnya pada bidang ilmu sejak masih muda. Dia sring menguta atik peralatan elektronik di rumahnya, meski pada masa kecilnya, era elektronik belum pesat seperti saat ini.

Bahkan, dia mengutak-atik alarm listrik supaya sang adik tidak masuk ke kamarnya. Garasi orang tua juga dijadikannya laboratorium untuk eksperimen ilmiah. Setelah orang tuanya pindah ke Miami, Florida, Bezos melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas Miami Palmetto.

Ketika diterima di Universitas Princeton, Bezos ingin mengambil jurusan fisika, tetapi berubah pikiran dan mendalami komputer hingga lulus dengan gelar di bidang ilmu komputer dan teknik listrik.

Jeff lulus dengan predikat summa cum laude, jurusan S1 Teknik Elektro dan Ilmu Komputer. Atas prestasinya, Jeff mendapat penghargaan Phi Beta Kappa dan Tau Beta Pi.

Memulai karier di Wall Street

Jeff Bezos, dari Garasi Rumah Hingga jadi Orang Terkaya di Dunia

Setelah lulus dari Princeton, Bezos mendapat pekerjaan di Wall Street yang berhubungan dengan komputer. Jaringan komputer dibangunnya di sebuah gedung yang dijadikan pusat perdagangan internasional oleh perusahaan bernama Fitel. Selanjutnya Bezos bekerja untuk D. E. Shaw & Co..

Kisah sukses Jeff Bezos pendiri Amazon.com dimulai pada saat Jeff keluar dari kerja pada tahun 1994. Jeff Bezos pindah dari New York ke Seattle untuk memulai membuat rencana bisnis Amazon. Jeff memulai pekerjaan dari garasi di rumahnya. Jeff yakin bahwa perkembangan pengguna internet yang pesat akan menjadi ladang untuk usaha barunya.

Memulai Amazon.com dari garasi rumah

Jeff Bezos, dari Garasi Rumah Hingga jadi Orang Terkaya di Dunia

Bekerja di garasi rumah Jeff, Amazon.com pada awal mulainya adalah toko buku online. Ide bisnis ini muncul setelah Jeff Bezos berdiskusi dengan John Ingram of Ingram Book dan Keyur Patel.

Jeff Bezos mendirikan perusahaan ini awalnya bernama Cadabra pada bulan Juli 1994.Situsnya mengudara dengan nama amazon.com tahun 1995. Perusahaan ini diberi nama sesuai Sungai Amazon, salah satu sungai terbesar di dunia, yang juga diberi nama setelah Amazon, bangsa prajurit wanita legendaris dalam mitologi Yunani.

Amazon.com berawal sebagai toko bukudaring, lalu menjadi penjual DVD, CD, MP3, perangkat lunak, permainan video, barang elektronik, perlengkapan, furnitur, makanan, mainan, dan perhiasan.

Selama dua bulan pertama, Amazon menjual buku ke 50 negara bagian Amerika dan lebih dari 45 negara. Penjualan Amazon pada dua bulan pertama mencapai angka US$20,000/minggu.

Kinerja bisnis Amazon tidak seperti perusahaan pada umumnya. Perusahaan sekelas Amazon.com belum mencetak keuntungan lebih dari 4 tahun. Namun, Jeff Bezos tidak pantang menyerah.

Amazon berhasil mencetak keuntungan pertama kali pada tahun 2001, sebesar $5 juta, pada pendapatan US$1 milliar. Setelah itu, Amazon.com terus brkembang.

Kini, total aset perusahaan tersebut tercatat lebih dari US$25,27 miliar dengan 69.100 karyawan. Membludaknya belanja online pada Natal 2017, membuat Jeff Bezos menjadi orang terkaya dengan nilai kekayaan US$105,1 miliar.

Rambah bisnis penerbangan luar angkasa

Pada tahun 2004, Bezos mendirikan perusahaan bernama Blue Origin yang bergerak di bidang penerbangan sipil angkasa luar. Selain itu, Bezos juga dikabarkan merupakan pemilik dari surat kabar The Washington Post.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper