Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perumahan di Kalsel Dapat Bantuan Infrastruktur

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan terus memberikan bantuan prasarana, sarana dan utilitas untuk perumahan bersubsidi di Provinsi Kalimantan Selatan.

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan terus memberikan bantuan prasarana, sarana dan utilitas untuk perumahan bersubsidi di Provinsi Kalimantan Selatan.
Direktur Rumah Umum dan Komersial Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Dadang Rukmana menyatakan salah satu perumahan bersubsidi yang mendapatkan bantuan tersebut adalah Perumahan Herlina Perkasa di Kalimantan Selatan.
“Perumahan Herlina Perkasa di Kalimantan Selatan menjadi salah satu contoh lokasi yang pemberian PSU nya dapat dilakukan secara masif oleh Kementerian PUPR. Setelah mendapat bantuan PSU tingkat pernghuniannya sangat tinggi serta bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ujar Danang melalui siaran pers, Selasa (16/1).
Dadang menjelaskan, bantuan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) ke Perumahan Herlina Perkasa merupakan salah satu contoh pemberian bantuan infrastruktur dari pemerintah ke dalam perumahan skala besar. Perumahan yang dibangun sejak 2010 ini memiliki daya tampung sebanyak 15.000 unit dan menjadi salah satu perumahan dengan serapan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) terbesar di Provinsi Kalimantan Selatan.
Dia menyatakan Perumahan Herlina Perkasa merupakan lokasi penerima Bantuan Tahun Anggaran 2015 dan 2017 di Kota Banjarmasin. Dadang menuturkan bahwa pembangunan perumahan skala besar bagi MBR harus selaras dengan misi pemerintah dalam mendorong capaian Program Satu Juta Rumah. Untuk itu Kementerian PUPR akan terus mendorong upaya pemerintah daerah dan pelaku pembangunan dalam menyediakan perumahan berskala besar di daerah.
Bantuan PSU yang diberikan, imbuh Dadang pada 2015 meliputi jalan lingkungan dengan panjang 4.402 meter untuk melayani 1000 unit rumah bersubsidi. Sementara pada 2017 bantuan yang diberikan antara lain berupa jalan lingkungan dengan panjang 1.343 meter untuk melayani 300 unit rumah bersubsidi. Selain bantuan PSU, PT Herlina Perkasa selaku pengembang Perumahan Herlina Perkasa juga menerima bantuan sarana Ruang Terbuka Hijau dari Pemerintah Kota Banjarmasin pada tahun 2017.
Saat ini pengembang perumahan Herlina Perkasa juga fokus terhadap penyediaan prasarana dan sarana pendukung lainnya. Misalnya, pengembang ikut membangun jalan akses, masjid raya dan menyerahkan sebagian lahannya kepada pemerintah daerah untuk pembangunan gedung sekolah di lokasi perumahan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper