Pengembang Akan Tambah Jumlah Kota Mandiri

Persatuan Real Estate Indonesia atau REI tengah mengkaji penambahan jumlah lokasi kota baru atau kota mandiri di seluruh Indonesia.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 09 Januari 2018 17:18 WIB

JAKARTA – Persatuan Real Estate Indonesia atau REI tengah mengkaji penambahan jumlah lokasi kota baru atau kota mandiri di seluruh Indonesia.
Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata menyatakan REI sedang melakukan kajian dan pendataan sejumlah lokasi baru untuk diajukan ke pemerintah sebagai kota baru atau kota mandiri.
Pihaknya mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan kajian tersebut karena para anggota REI sudah berpengalaman untuk membangun kota terpadu.
“Kita memberikan input bagaimana kota baru atau kota mandiri itu bisa menampung penduduk MBR [masyarakat berpenghasilan rendah],” jelas Soelaeman kepada Bisnis di kantor DPP REI, Selasa (9/1).
Dia menyatakan ada sejumlah kota yang sudah pasti akan dikembangkan sebagai kota mandiri. Misalnya saja bakal kota mandiri yang berlokasi di Maja, Kabupaten Lebak, Banten. Salah satu pengembang yang mengelola Kota Baru Maja adalah Ciputra Group dengan nama proyek Citra Maja Raya.
Selain itu, untuk menunjang fasilitas transportasi, Kementerian Perhubungan telah menargetkan pembangunan jalur kereta api ganda atau double track dari Jakarta hingga Merak rampung pada 2019. Jalur kereta ini akan membantu konektivitas masyarakat di Kota Baru Maja.

Tag : kota mandiri
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top