Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Singapore Airlines dan SilkAir Kerjasama Codeshare

Singapore Airlines dan SilkAir melakukan kerjasama codeshare untuk penerbangan anak usaha yakni maskapai berbiaya murah Scoot.
Ilustrasi./Bisnis
Ilustrasi./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Singapore Airlines dan SilkAir melakukan kerjasama codeshare untuk penerbangan anak usaha yakni maskapai berbiaya murah Scoot.

Codeshare merupakan sebuah perjanjian bisnis penerbangan di mana dua maskapai berbagi penerbangan yang sama. Sebuah kursi dapat dibeli di satu maskapai penerbangan namun sebenarnya dioperasikan oleh maskapai rekanan di bawah nomor dan kode penerbangan yang berbeda. Istilah "code" mengacu kepada sistem identifikasi yang digunakan dalam jadwal penerbangan, umumnya merupakan dua karakter kode pengenalan maskapai dari IATA dan nomor penerbangan.

Melalui siaran pers yang diterima Bisnis, Kamis (7/12/2017) mengatakan dengan kerjasama dua maskapai ini, para penumpang maskapai terkait bisa mengakses 30 destinasi yang dilayani oleh Scoot dan SIA Group.

Melalui perjanjian kerjasama terbaru ini, secara bertahap SIA akan menambahkan kode penanda ‘SQ’ dan SilkAir akan menambahkan kode penanda ‘MI’ pada penerbangan yang dioperasikan oleh Scoot. Perjanjian penerbangan codeshare tersebut akan mulai diberlakukan pada penerbangan-penerbangan Scoot yang melayani rute Athena, Clark, Gold Coast, Hat Yai, Ipoh, Krabi, Kuching, dan Palembang.

Selain itu, para penumpang Singapore Airlines (SIA) dan SilkAir saat ini dapat menikmati beragam pilihan dan kemudahan saat bepergian ke lebih dari 130 destinasi dalam jaringan SIA Group sebagai hasil perjanjian codeshare terbaru dengan Scoot, maskapai berbiaya rendah, yang merupakan anak perusahaan grup.

Selain itu, perjanjian terbaru ini juga akan memungkinkan para pelanggan SIA dan SilkAir untuk melakukan perjalanan dengan tiket tunggal menuju destinasi hasil kerjasama codeshare tersebut, sehingga di lokasi awal check-in, boarding pass dan label bagasi para pelanggan akan diterbitkan hingga destinasi akhir.

Beberapa keuntungan lainnya dengan kerjasama ini adalah para penumpang SIA dan SilkAir akan mendapatkan FlyBagEat milik Scoot – yang terdiri dari fasilitas bagasi , makanan dan minuman gratis, serta selimut untuk penerbangan dengan durasi lebih dari empat jam.

Para penumpang SIA dan SilkAir juga akan mendapatkan fleksibilitas untuk memilih tempat duduk dalam penerbangan-penerbangan Scoot secara online melalui situs web SIA dan SilkAir pada saat melakukan pemesanan tiket dengan biaya tertentu sesuai dengan syarat dan ketentuan dari Scoot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper