Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 2 Cara PTBA Optimalkan Pemanfaatan Cadangan Batu Bara

PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) akan mengembangkan dua cara untuk memaksimalkan pemanfaatan cadangan batu bara yang dimiliki sebagai sumber pendapatan utama perusahaan.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) akan mengembangkan dua cara untuk memaksimalkan pemanfaatan cadangan batu bara yang dimiliki sebagai sumber pendapatan utama perusahaan.

Direktur Pengembangan Usaha PTBA Fuad Iskandar Zulkarnain Fachroeddin mengatakan, pihaknya memiliki sumber daya batu bara sebanyak 8,3 miliar ton dengan cadangan mencapai 3,3 miliar ton. Adapun, produksi batu bara per tahun mencapai 30 juta-35 juta ton.

Menurutnya, perlu upaya untuk menggerakkan cadangan tersebut menjadi sumber pendapatan utama perusahaan. Yang pertama dengan menambah kapasitas angkutan ke pelabuhan.

"Saat ini sedang dikembangkan angkutan batu bara, sehingga dalam 2 tahun ke depan jadi 30 juta ton per tahun," ujarnya di kantor Kementerian BUMN, Senin (4/12/2017).

Sepanjang tahun lalu volume angkutan batu bara melalui kereta api ke Pelabuhan Tarahan dan Dermaga Kertapati mencapai 17,72 juta ton.

Selain memperbesar kapasitas pengangkutan, PTBA akan mengoptimalkan pemanfaatan batu bara di mulut tambang. Menurutnya, hal tersebut akan meningkatkan volume penggunaan batu bara tanpa harus mengantre untuk diangkut terlebih dahulu.

"Sekarang ada PLTU mulut tambang terbesar di Indonesia, Sumsel 8 dengan kapasitas 2x620 megawatt [MW]. Pasokan batu baranya 5,1 juta ton per tahun pada 2022," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lucky Leonard
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper