Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harapan Jokowi di Kincir Angin Sidrap

Puluhan tiang berwarna putih berjajar di punggung pebukitan Desa Mattirotasi dan Desa Lainungan, Watangpulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, nun di pelosok tengah Sulawesi Selatan, sekitar 200 kilometer dari Makassar.
 Petugas memperbaiki generator kincir angin di Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid/Antara-Sigid Kurniawan
Petugas memperbaiki generator kincir angin di Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid/Antara-Sigid Kurniawan
Bisnis.com, JAKARTA-- "Puluhan tiang berwarna putih berjajar di punggung pebukitan Desa Mattirotasi dan Desa Lainungan, Watangpulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, nun di pelosok tengah Sulawesi Selatan, sekitar 200 kilometer dari Makassar."
 
 
Itulah kutipan paragraf pertama postingan Presiden Joko Widodo di akun Facebook resminya tentang Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) yang hampir rampung di bangun. 
 
 
Jokowi posting tulisannya itu pada Sabtu 2 Desember 2017, pukul 10.47 WIB. Hingga berita ini ditulis, Ahad (3/12), tercatat sudah lebih 120.000 netizen yang menyukai, lebih 20.000 komentar, dan lebih 17.000 kali dibagikan. 
 
 
Berikut lanjutan postingannya: 
 
 
"Tiang-tiang itu begitu menonjol, berukuran raksasa: tingginya 80 meter. Pada sebagian tiang menara baja itu, di ujungnya sudah terpasang baling-baling besar, garis tengahnya 57 meter, sehingga total tingginya mencapai 137 meter."
 

"Ya, inilah tiang-tiang kincir angin raksasa Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) pertama di Indonesia. Di pebukitan itu sedang dibangun 30 kincir angin yang masing-masing menggerakkan turbin berkapasitas 2,5 megawatt, atau 75 MW untuk 30 turbin."


Kawasan pebukitan Sidrap memiliki potensi angin yang bagus, dengan perkiraan kecepatan angin berkisar tujuh meter per detik yang cocok untuk kebutuhan menggerakkan baling-baling PLTB.


Dibangun sejak bulan April 2016 oleh PT UPC Sidrap Bayu Energi dengan investasi senilai USD150 juta, PLTB ini nantinya akan beroperasi secara komersial. Bila telah rampung tahun depan, PLTB Sidrap sanggup mengalirkan listrik ke sekitar 80.000 rumah tangga pelanggan 900 VA.


PLTB ini akan menjadikan Indonesia sebagai satu dari sedikit negara di Asia yang mempunyai pembangkit bertenaga angin, seperti Jepang, China, dan Korea.


Selain PLTB Sidrap, kita juga tengah membangun PLTB Jeneponto, juga di Sulawesi Selatan yang melibatkan investor dari Denmark.


Potensi energi angin di negara ini 60,6 GW. Pemerintah mendorong adanya penggunaan energi baru terbarukan dari air, panas bumi, ataupun angin.
 
 
PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dan pengembang PT UPC Sidrap menyadari bagaimana besarnya energi angin di daerah tersebut. Mereka akan menambah kapasitas PLTB Sidrap sekitar 50 megawatt (MW). 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper