BBM Bersubsidi: Warga Kalsel Kelimpungan, Premium dan Solar Kadang Tak Ada

Pelayanan bahan bakar minyak berdasar pantauan Antara Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarmasin, Minggu(19/11/2017) dikeluhkan masyarakat.
Newswire | 19 November 2017 19:37 WIB
Ilustrasi: Antrean ratusan pemudik mengisi ulang BBM di SPBU Gempol Sari, Subang, Jawa Barat, Sabtu (2/7). - Antara

Bisnis.com, BANJARMASIN - Warga mengeluhkan pasokan BBM bersubsidi, yakni premium dan solar, yang tidak ajeg keberadaannya.

Pelayanan bahan bakar minyak berdasar pantauan Antara Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarmasin, Minggu(19/11/2017) dikeluhkan masyarakat.

Dua jenis BBM berupa premium dan solar bersubsidi terkadang ada dan terkadang kosong pada SPBU di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut.

Para sopir dan pemilik kendaraan bermotor yang menggunakan premium dan solar bersubsidi menjadi kelimpungan serta mengeluh atas ketidaknormalam pelayanan/ketersediaan kedua jenis BBM itu.

Sebagaimana penuturan salah seorang sopir taksi angkutan umum jurusan Banjarmasin - Gambut Kabupaten Banjar (Jalan A Yani Km14). Ia terpaksa kesana kemari mencari SPBU yang ada persediaan premiumnya.

"Di luaran atau pedagang kaki lima (PKL) memang ada jualan bensin (premium), tetapi harga sedikit naik dari SPBU. Sedangkan kami hasil menaksi tidak seberapa," tutur sopir tersebut.

Akibat ketidaknormalan kesediaan premium dan solar bersubsidi itu, antrean truk masih panjang pada beberapa SPBU, seperti di wilayah Kota Banjarmasin, Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Antrean panjang truk dan mobil lain pengguna solar terlihat di antaranya pada SPBU Jalan A Yani Km5,5 Banjarmasin, Km17 Kabupaten Banjar, dan Km26 Landasan Ulin Kota Banjarbaru.

Sementara operator salah satu SPBU di Jalan A Yani mengatakan, ketidakmaksimalan pelayanan sudah sejak lama atau sekitar sebulan.

"Dari informasi dan pengalaman seperti solar bersubsidi mengalami penurunan pasokan ke SPBU, yaitu kalau dulu tiga mobil tanker, kini hanya dua mobil tangki," ujar operatur itu.

Sumber : Antara

Tag : bbm bersubsidi
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top