Pelabuhan Patimban, Tender Selanjutnya Difinalisasi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sedang melakukan finalisasi untuk tender pembangunan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, tahap 2 hingga 4.
Yudi Supriyanto | 15 November 2017 20:43 WIB
Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. - Bisnis.com

Bisnis.com, BANDUNG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sedang melakukan finalisasi untuk tender pembangunan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, tahap 2 hingga 4 setelah terdapat proses penandatanganan loan agreement antara Jepang dan Indonesia.

Budi mengatakan pihaknya telah melakukan tender pembangunan Pelabuhan Patimban tahap pertama dan akan melakukan konstruksi pada Januari 2018.

"Artinya kita sedang melakukan tender. Financial closing sudah selesai, tender sudah dilakukan tahap 1 yang paling besar, tahap 2,3, dan 4 sedang difinalisasi," ungkapnya di Bandung pada Rabu (15/11/2017).

Dia menjelaskan Pelabuhan Patimban akan mulai dioperasikan pada Maret 2019, tahap awal terminal mobil.

Sementara mengenai operator Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, dia mengatakan kemungkinan ditender mulai Maret 2018. Perusahaan yang akan menjadi operator terdiri dari perusahaan Indonesia dan Jepang dengan mayoritas pemegang saham dari Indonesia. "Dan Indonesia peran swasta lebih besar."

Budi menginginkan volume logistik tidak terpusat di Jakarta lagi dengan beroperasinya Pelabuhan Patimban.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelabuhan patimban

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top