Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fasilitas Kemudahan Impor Dorong Daya Saing Usaha Kecil

Program Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) yang dicanangkan pemerintah sejak Januari 2017 lalu sangat bermanfaat bagi usaha kecil dan menengah di Bali.
Ilustrasi ekspor dan impor/Istimewa
Ilustrasi ekspor dan impor/Istimewa

Bisnis.com, GIANYAR – Program Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) yang dicanangkan pemerintah sejak Januari 2017 lalu sangat bermanfaat bagi usaha kecil dan menengah di Bali.

Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga mengatakan, sebanyak 37 UKM telah merasakan manfaat dari program tersebut. Mayoritas berasal dari Bali.

"Program ini memberikan kemudahan impor sehingga menurunkan biaya produksi, yang pada akhirnya berdampak pada meningkatnya volume produksi dan daya saing,” katanya melalui siaran pers, Sabtu (14/10/2017).

Berbagai usaha pemerintah untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan dilakukan melalui skema pembiayaan dengan bunga ringan. Misalnya, program Kredit Ultra Mikro bekerjasama dengan Kementerian Keuangan memberikan kredit Rp 10 juta dengan bunga 4% yang disalurkan melalui koperasi.

Selain itu, Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga 9%, pembiayaan lewat LPDB dengan bunga 0,3% untuk koperasi dan 0,2% untuk sektor riil. Dikatakan, implementasi pembiayaan bunga murah telah berdampak pada geliat ekonomi kerakyatan.

Puspayoga menegaskan, dengan skema-skema pembiayaan tersebut pencapaian pertumbuhan ekonomi dengan pemerataan kesejahteraan akan tercapai.

“Pemerataan kesejahteraan adalah program prioritas pemerintah, sehingga dibuat skema-skema pembiayaan untuk pemberdayaan,” ujarnya.

Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi mengatakan fasilitas KITE memberikan pembebasan bea masuk dan pajak untuk bahan baku bagi UKM karena produknya akan diekspor.

Dari 37 UKM yang mendapat fasilitas KITE tersebut, menghasilkan nilai produksi Rp101,2 miliar dan menyerap lebih dari 2.100 tenaga kerja. Nilai impor yang dilakukan sekitar US$452 ribu dan potensi ekspor diperkirakan tiga kali lipat.

“Kami berharap UKM yang mendapat fasilitas KITE akan melompat 10 kali lipat. Kami siap membantu UKM melakukan pendampingan sehingga daya saing UKM meningkat dan memiliki keunggulan di ASEAN,” tegasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Abdul Rahman

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper