Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

29 Titik Belum Tersentuh BBM Satu Harga

Dari target 54 titik untuk menyamakan harga bahan bakar minyak (BBM) pada tahun ini, baru terealisasi 25 titik di antaranya karena kendala kesiapan lembaga penyalur hingga medan distribusi yang berat.

Bisnis.com, JAKARTA - Dari target 54 titik untuk menyamakan harga bahan bakar minyak (BBM) pada tahun ini, baru terealisasi 25 titik di antaranya karena kendala kesiapan lembaga penyalur hingga medan distribusi yang berat.

External Communication Manager PT Pertamina (Persero) Arya Dwi Paramita mengakui untuk merealisasikan program tersebut memang memiliki kendala. Sebagai contoh, dia menyebut akses menjadi kendala utama. Selain itu, kesiapan lembaga penyalur juga faktor cuaca juga turut berkontribusi menjadi penghambat realisasi program ini.

“Kendala memang yang utama itu daerah 3T [terdepan, terluar, tertinggal, yang biasanya pelosok itu akses lalu masalah kesiapan lembaga penyalur di sana seperti apa itu challenge-nya kemudian faktor cuaca, jarak,” ujarnya Jumat (6/10/2017) malam.

Kendati demikian, dia menampik bahwa terdapat lembaga penyalur yang menjual BBM solar dan premium tak mengikuti harga yang telah ditetapkan yakni Rp5.150 untuk solar dan premium Rp6.450 per liter. Begitu pula dengan lembaga penyalur yang tak bisa menjamin ketersediaan produk. Di sisa tiga bulan ini, dia menyebut akan menjalankan sesuai dengan penugasan pemerintah.

Dari data Kementerian ESDM, saat ini BBM satu harga telah menyentuh 25 lokasi. Rincinya, beberapa daerah seperti Kecamatan Pulau-pulau Batu-Nias Selatan, Sumatra Utara; Kecamatan Siberut Tengah-Kep. Mentawai, Sumatra Barat; Kecamatan Karimun Jawa-Jepara, Jawa Tengah dan Kecamatan Raas-Sumenep, Jawa Timur harga jual per liter hingga Rp10.000.

Begitu pula dengan Kecamatan Labuhan Badas-Sumbawa, Nusa Tenggara Barat; Kecamatan Wangiapu-Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur; Kecamatan Wangi-wangi –Wakatobi, Sulawesi Tenggara; Kecamatan Bere Bere-Morotai Utara, Maluku Utara dan Kecamatan Jagoi Babang- Bengkayang, Kalimantan Barat.

Untuk daerah lainnya BBM dijual seharga Rp11.000 hingga Rp20.000 per liter seperti di Kecamatan Long Apari-Mahakam Ulu, Kalimantan Timur; Kecamatan Amalatu Kabupaten Seram Barat, Maluku dan Kecamatan Distrik Pania Barat- Paniai, Papua.

Daerah lain dengan kisaran harga BBM yang sama yakni Kecamatan Danau Sembuluh Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah; Kecamatan Moswaren-Sorong Selatan, Papua Barat; Kecamatan Kayoa Barat-Halmahera Selatan, Maluku Utara serta Kecamatan Melonguane- Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Sisanya, harga jual BBM tertinggi sebelum diterapkan BBM satu harga yakni hingga Rp100.000 per liter dijual di daerah Krayan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara; Kecamatan Puncak, Papua; Kabupaten Yalimo, Papua; Kabupaten Ndunga, Papua dan Kecamatan Mambremo Raya, Papua.

Daerah lainnya dengan kisaran harga BBM yang sama yakni Kabuaten Mambremo Tengah, Papua; Kabupaten Tolikara, Papua; Kabupaten Intan Jaya, Papua; dan Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua.

“Kita tetap jalanin sesuai penugasan,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Fanshurullah Asa mengatakan beberapa lokasi yakni 22 titik hanya bisa menyediakan produk beberapa jam saja karena dijual ke pengecer lainnya. Itulah, katanya, laporan yang diterima dari Pemerintah Daerah. Oleh karena itu, pihaknya ingin membuat sub penyalur untuk menjamin ketersediaan pasokan.

“Supply di sana cuma beberapa jam habis. Supply di sana dijual juga ke pengecer,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper