Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akhirnya Harga Premium di Pulau Seram Turun 45,8%

Harga Premium di Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku akhirnya turun 45,8% menjadi normal ke Rp6.450 per liter dibandingkan sebelumnya Rp12.000 per liter setelah pemerintah meresmikan lembaga penyalur BBM Satu Harga di wilayah itu.
Peresmian Lembaga Penyalur BBM Satu Harga atau SPBU Mini di Pulau Seram, Senin (2/10).
Peresmian Lembaga Penyalur BBM Satu Harga atau SPBU Mini di Pulau Seram, Senin (2/10).

Bisnis.com, JAKARTA — Harga Premium di Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku akhirnya turun 45,8% menjadi normal ke Rp6.450 per liter dibandingkan sebelumnya Rp12.000 per liter setelah pemerintah meresmikan lembaga penyalur BBM Satu Harga di wilayah itu.

PT Pertamina (Persero) terus mewujudkan Program BBM Satu Harga, sebagai bagian penugasan pemerintah, di seluruh pelosok Nusantara.

Kali ini, program BBM Satu Harga diwujudkan di Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Ego Syahrial meresmikan Program BBM Satu Harga berupa pendirian SPBU mini di Dusun Wailey, Desa Latu, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku, Senin (2/10/2017).

Hadir dalam acara peresmian antara lain Kepala Badan Pengatur Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) M. Fanshurullah Asa, SVP Fuel & Marketing Distribution PT Pertamina (Persero) Gigih Wahyu Hari Irianto, Bupati Seram Bagian Barat M. Yasin Payapo, dan Anggota Komisi VII DPR Mercy Chriesty Barends.

"Melalui Program BBM Satu Harga, pemerintah bersama Pertamina berkomitmen untuk terus menambah jumlah lembaga penyalur BBM di seluruh Indonesia. Alhamdulillah,  pada hari ini masyarakat di Amalatu akhirnya bisa menikmati BBM dengan harga yang sama seperti di Jawa. Hal ini tidak lepas berkat dukungan pemerintah daerah, TNI dan Polri, serta stakeholders terkait," ujar Dirjen Migas Kementerian ESDM Ego Syahrial dalam sambutannya.

SVP Fuel & Marketing Distribution PT Pertamina (Persero) Gigih Wahyu Hari Irianto mengatakan bahwa sampai saat ini SPBU Amalatu adalah SPBU ke-25 yang telah terbangun dari total rencana 54 Lembaga Penyalur Rencana Program BBM 1 Harga Nasional di  wilayah pelosok, untuk Pertamina MOR VIII Amalatu merupakan titik ke-13 dari total 19 Lembaga Penyalur yang akan didirikan d wilayah Maluku Papua sampai dengan akhir Tahun 2017

"Pendirian SPBU ini kami harap membawa dampak positif bagi perekonomian dan masyarakat di kawasan timur Indonesia, khususnya masyarakat Seram Bagian Barat," kata Gigih Wahyu Hari Irianto.

Sementara, Bupati Seram Bagian Barat M. Yasin Payapo mengatakan sebelumnya harga BBM di Amalatu bisa mencapai Rp12.000/liter.

"Warga Amalatu merasa sangat bersyukur atas kehadiran SPBU di sini, sehingga masyarakat dapat menikmati BBM premium dengan harga Rp6.450/liter dan solar seharga Rp5.150/liter. Tentunya hal ini akan meringankan beban masyarakat yang selama ini kesulitan dalam membeli BBM," ungkapnya.

Sesuai Peraturan Menteri ESDM Nomor 36 Tahun 2016 tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis BBM Tertentu dan Jenis BBM Khusus Penugasan Secara Nasional, pemerintah menugaskan Pertamina merealisasikan BBM Satu Harga di seluruh wilayah Indonesia  sejak 1 Januari 2017.

Kepala BPH Migas M.Fanshurullah Asa juga menegaskan bahwa pembangunam SPBU di wilayah 3 T ini bukan merupakan hal yang mudah mengingat geografis dan ongkos angkut yang tinggi, sehingga perlu dipastikan tepat sasaran peruntukannya. “Perlu ada pengawasan dan monitoring dari Pemerintah Daerah dan Aparat agar penyaluran BBM 1 Harga ini tepat sasaran” pungkas Fanshurullah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper