Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KA BANDARA : 8 Unit Vending Machine Dipasang di Dua Stasiun KA Bandara

PT Railink akan memasang total 8 unit vending machine bersistem Airport Railways Ticketing System (ARTS) di dua stasiun Kereta Api Bandara Internasional Soekarno - Hatta pada tahap awal.
Pekerja menyelesaikan pembangunan stasiun kereta bandara Soekarno - Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (28/2)./Antara-Lucky R.
Pekerja menyelesaikan pembangunan stasiun kereta bandara Soekarno - Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (28/2)./Antara-Lucky R.

Bisnis.com, JAKARTA--PT Railink akan memasang total 8 unit vending machine bersistem Airport Railways Ticketing System (ARTS) di dua stasiun Kereta Api Bandara Internasional Soekarno - Hatta pada tahap awal.

Direktur Operasi dan Teknik PT Railink Porwanto Handry Nugroho, mengatakan Untuk tahap awal, Railink akan memasang 4 unit mesin vending machine bersistem ARTS ini di Stasiun Sudirman dan 4 unit juga di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Namun ke depannya akan ditambah sesuai dengan kebutuhan.

Railink mengembangkan ARTS kurang lebih selama satu tahun. Dalam pengembangannya, perusahaan telah menginvestasikan dana mencapai Rp 30 miliar.

"ARTS ini merupakan sistem ticketing yang dikembangkan sendiri oleh PT Railink dan menjadi salah satu persembahan terbaik kami untuk masyarakat. Kami juga sampaikan rasa bangga dan terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam mewujudkan ARTS ini," ujar Porwanto, dalam siaran pers pada Sabtu (30/9/2017).

Porwanto menjelaskan ARTS ini akan menjadi sistem ticketing transportasi publik di masa yang akan datang. Ini dikarenakan banyak keunggulan yang dihadirkan di ARTS ini mulai dari pembayaran yang bisa dilakukan secara non tunai (cashless), tanpa kartu (cardless), serta tanpa operator (manless).

Cashless, berarti tidak ada lagi pembayaran tunai yang dilakukan pada semua chanel penjualan tiket KA Bandara yang disediakan oleh ARTS. Cardless, berarti ARTS tidak mengeluarkan kartu khusus sebagai alat transaksi.

"Jadi setiap penumpang dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu perbankan yang mereka miliki baik berupa kartu debet, kartu kredit, maupun prepaid," tambah Porwanto.

Sedangkan manless, berarti ARTS tidak lagi menyediakan ticket counter yang dilayani oleh operator. Calon penumpang dapat melakukan pembelian tiket melalui Vending Machine, Internet Booking dan Mobile Aplikasi.

Adapun dalam penyelenggaraannya Railink telah bekerjasama dengan perbankan, payment gateway dan penyedia jaringan. Dari perbankan di dukung oleh BCA, Bank Danamon, Bank DKI, Bank Maybank Indonesia, Bank Permata dan Bank QNB. Selain itu ada juga Telkomsel dengan produk TCASH nya. Sementara dari payment gateway ada DOKU, Midtrans, Artasaja, Finnet dan Kartuku. Sedangkan pihak sebagai penyedia jaringan adalah ICON+.

"Melalui ARTS, Railink siap mendukung pengoperasian KA Bandara Soekarno-Hatta dalam waktu dekat, dan kami berharap melalui sitem ini selain dapat memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan handal juga dapat dijadikan sebagai acuan sistem ticketing untuk transportasi publik lainnya," tutup Porwanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper