Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keberagaman Gender di Tambang Emas

PT Agincourt Resources, pengelola tambang emas Martabe, Batang Toru, Tapanuli Selatan, Sumatra Utara, memberikan pelatihan pemahaman lanjutan atas implementasi keberagaman gender di Tambang Emas Martabe kepada lebih dari 700 karyawan. Pemberian pelatihan ini ditujukan untuk merealisasikan lingkungan kerja yang ramah gender.
Presdir Agincourt Resources Tim Duffy sedang memberikan pemaparan kepada karyawan soal keberagaman gender./Istimewa
Presdir Agincourt Resources Tim Duffy sedang memberikan pemaparan kepada karyawan soal keberagaman gender./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — PT Agincourt Resources, pengelola tambang emas Martabe, Batang Toru, Tapanuli Selatan, Sumatra Utara,  memberikan pelatihan pemahaman lanjutan atas implementasi keberagaman gender di Tambang Emas Martabe kepada lebih dari 700 karyawan. Pemberian pelatihan ini ditujukan untuk merealisasikan lingkungan kerja yang ramah gender.

Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari beberapa kebijakan dan peraturan terkait, diantaranya upaya pendekatan terhadap karyawan di seluruh tingkatan dalam organisasi perusahaan, upaya menciptakan lingkungan kerja dan budaya kerja yang menjunjung tinggi harkat dan martabat serta kehormatan, bebas dari diskriminasi, intimidasi dan kekerasan baik fisik maupun nonfisik.

Presiden Direktur PT Agincourt Resources Tim Duffy menyebutkan, pelatihan ini adalah salah satu bentuk investasi perusahaan. Sebagai perusahaan yang belum terlalu lama berdiri, Tambang Emas Martabe memiliki kesempatan besar untuk menanamkan keberagaman gender sebagai bagian dari budaya bisnis perusahaan.

"Kami percaya pemahaman terhadap keberagaman gender akan membuat perusahaan ini lebih baik. Perusahaan akan mendapatkan lebih banyak ide-ide pengembangan. Jika sebuah perusahaan membuka kesempatan lebih besar terhadap penerapan keberagaman gender, maka perusahaan tersebut akan lebih sukses," ucap Tim Duffy, melalui keterangan resmi, Kamis (24/8).

Lebih lanjut, dia menyebutkan, PT Agincourt Resources sudah beberapa tahun belakangan sangat serius menerapkan konsep keberagaman gender dalam lingkungan kerja. Tak hanya dalam hal rekrutmen, tapi juga bagaimana menciptakan lingkungan kerja ramah gender.

Dari aspek perekrutan dan pengembangan kapasitas, PT Agincourt Resources menargetkan porsi karyawan perempuan pada 2019 mencapai 25% dari total pekerja perusahaan dan kontraktor. Hingga saat ini, jumlah karyawan di Tambang Emas Martabe telah mencapai 18% dari total 761 karyawan. Sementara itu, dari total karyawan perusahaan dan kontraktor telah mencapai 16% dari 2.376 orang.

"Penerapan keberagaman gender ini menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan, apalagi di sektor pertambangan. Ada stereotipe, laki-laki mendominasi di sektor pekerjaan ini. Kami ingin mengubahnya melalui pelatihan ini. Harus ada perlakuan yang sama bagi seluruh pekerja. Perlakukan perempuan yang bekerja di perusahaan ini layaknya keluarga dan mitra setara. Kami percaya lingkungan kerja yang ramah gender akan meningkatkan kontribusi karyawan terutama para karyawan perempuan," jelas Tim Duffy.

Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources Katarina S. Hardono menambahkan, komitmen Tambang Emas Martabe terhadap penerapan keberagaman gender akan menjadi daya tarik bagi para perempuan berbakat dan kompetitif untuk berkarya di perusahaan ini.

 “Laki-laki dan perempuan memiliki sudut pandang dan ide-ide berbeda yang akan memperkaya wawasan perusahaan dan memungkinkan untuk menghasilkan pemecahan masalah yang lebih baik, sehingga mampu menguatkan fondasi bisnis perusahaan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper