Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dukung Pariwisata, Peritel Luncurkan Festival Diskon

Demi mendukung pemenuhan target wisatawan mancanegara dan mendorong pertumbuhan ritel nasional, Himpunan Penyewa Pusat Belanja Indonesia menggelar Hari Belanja Diskon Indonesia dan Happy Birthday Indonesia Festival.
Anissa Margrit
Anissa Margrit - Bisnis.com 15 Agustus 2017  |  12:52 WIB
Dukung Pariwisata, Peritel Luncurkan Festival Diskon
Ilustrasi. - .themall.co.uk
Bagikan

 

Bisnis.com, JAKARTA— Demi mendukung pemenuhan target wisatawan mancanegara dan mendorong pertumbuhan ritel nasional, Himpunan Penyewa Pusat Belanja Indonesia menggelar Hari Belanja Diskon Indonesia dan Happy Birthday Indonesia Festival.

Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Belanja Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah mengatakan ritel adalah sektor terbesar penopang ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, dibutuhkan kerja bersama semua stakeholder.

“Target utama Hippindo adalah membantu Kementerian Pariwisata mendatangkan turis untuk belanja di Indonesia. Turis pasti belanja di ritel offline. Konsep ini diharapkan bisa diteruskan untuk meningkatkan kenyamanan turis untuk belanja di Indonesia,” papar dia ketika membuka Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) Happy Birthday Indonesia Festival (HBDIF), Selasa (15/8/2017).

HBDI digelar di berbagai pusat perbelanjaan seluruh Indonesia selama 17-20 Agustus, sedangkan HBDIF diselenggarakan di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta pada 15-27 Agustus. Adapun target wisatawan mancanegara (wisman) yang ditetapkan pemerintah untuk 2017 adalah sebanyak 15 juta kunjungan.

Hippindo berharap agenda ini dapat bersanding dengan gelaran diskon ternama luar negeri seperti Black Friday, Boxing Day, atau Singapore Great Sale. HBDI dan HBDIF sengaja diselenggarakan pada Agustus karena bulan tersebut merupakan low season, sehingga ditargetkan dapat mengerek konsumsi masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan pusat perbelanjaan di Indonesia tidak kalah dari mal-mal di negara lain, yang sekarang justru sepi pembeli. Sementara itu, sektor ritel di Indonesia diklaim masih bertumbuh.

“Sampai Juli, seluruh toko ritel modern menunjukkan kenaikan penjualan,” tutur dia.

Hal ini berkebalikan dengan kabar adanya penurunan daya beli di masyarakat. Enggar melanjutkan pemerintah terus memberikan dukungan terhadap perkembangan ritel Tanah Air karena kontribusinya sangat besar terhadap ekonomi, baik dari sisi pendapatan maupun tenaga kerja.

Adapun beberapa penawaran yang diberikan di antaranya diskon hingga 72%, shop till you drop atau clearance sale yang memberikan diskon lebih, shopping rally, hingga program happy hour pada hari kerja. Hippindo menyebutkan jumlah mal yang ikut serta mencapai 700 pusat perbelanjaan di berbagai kota di Indonesia, sedangkan di HBDIF terdapat sekitar 300 tenant. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pesta diskon
Editor : Linda Teti Silitonga
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top