Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garuda Perluas Jaringan Rute Perintis di Wilayah Timur

Maskapai penerbangan plat merah, Garuda Indonesia menambah rute perintis di Sulawesi untuk mendukung konektivitas antardaerah di regional tersebut.
Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta/Reuters-Dadang Tri
Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta/Reuters-Dadang Tri

Bisnis.com, MAKASSAR -- Maskapai penerbangan pelat merah, Garuda Indonesia menambah rute perintis di Sulawesi untuk mendukung konektivitas antardaerah di regional tersebut.

Rute yang dibuka perseroan itu menghubungkan Makassar dengan Raha yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Muna, salah satu wilayah administratif kepualauan di Sulawesi Tenggara.

I Wayan Supatrayasa, VP Garuda Indonesia Regional Kalimantan Sulawesi dan Papua, mengemukakan pembukaan rute berklasifikasi perintis itu didasarkan atas pertimbangan sejumlah aspek serta tren kebutuhan angkutan udara ke Raha.

Menurutnya, rute anyar itu diproyeksikan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi Raha terutama pada sektor pariwisata yang menjadi salah satu penopang dalam struktur perekonomian Muna.

Secara efektif, rute Makassar - Raha (PP) mulai dilayani perseroan pada 17 Juli mendatang dengan frekuensi penerbangan sekali dalam sehari atau tujuh kali seminggu.

"Ini menjadi implementasi dari perluasan jaringan penerbangan di regional timur, memungkinkan konektivitas lebih efisien melalui hub Makassar," katanya, Senin (10/7/2017).

Menurutnya, pemilihan Raha sebagai destinasi sejalan dengan upaya perseroan untuk lebih berkontribusi aktif dalam pengembangan sektor pariwisata maupun perdagangan khusus di Sulawesi Tenggara.

Adapun rute Makassar - Raha dilayani dengan pesawat ATR72-600 "Explore" berkapasitas 70 penumpang kelas ekonomi yang dibanderol Rp 500.000 per seat.

Sesuai dengan jadwal, penerbangan dari Makassar pada pukul 07.45 Wita dan tiba di Raha pada pukul 8.50 Wita. Kemudian untuk penerbangan dari Raha dijadwalkan pukul 09.35 Wita yang tiba di Makassar pukul 10.35 Wita.

Di sisi lain, perseroan juga tengah menjajaki sejumlah bandara di Sulawesi Selatan yang layak dijadikan sebagai destinasi pada pelayanan rute perintis.

Sebelumnya, Garuda telah menjajaki empat bandara perintis di daerah ini meliputi Bandara Sorowako Luwu Timur, Bandara Pongtiku Toraja, Bandara Bua Palopo dan Bandara Aroepala Selayar.

Jika seluruh bandara tersebut layak dalam kajian dari sisi operasional dan komersial maka pelayanan penerbangan dari dan menuju bandara perintis pada seluruh destinasi itu pesawat ATR72-600 Explore Garuda Indonsia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper