Hadapi Arus Balik, Kementerian ESDM Pastikan Pasokan BBM Aman

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan pasokan bahan bakar minyak, LPG dan listrik dalam kondisi aman hingga sehari usai Lebaran Idulfitri 1438 Hijriyah/2017 Masehi (H+1).
Yusran Yunus | 27 Juni 2017 21:27 WIB
Kendaraan antre untuk mengisi BBM di tempat peristirahatan KM 207 jalan tol Palimanan-Kanci, Jawa Barat, Jumat (23/6). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan pasokan bahan bakar minyak, LPG dan listrik dalam kondisi aman hingga sehari usai Lebaran Idulfitri 1438 Hijriyah/2017 Masehi (H+1).

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM, Sujatmiko mengatakan sampai saat ini sektor ESDM terus melakukan pemantauan dan siap siaga.

"Petugas Posko Nasional ESDM maupun tim di lapangan selalu bergantian melakukan monitoring," katanya sebagaimana dikutip dari laman setkab.go,id, Selasa (27//6/2017).

Dia menjelaskan secara umum untuk sektor minyak dan gas bumi baik penyediaan stok BBM dan LPG sampai distribusi, aman selama arus balik. Demikian juga penyediiaan tenaga listrik nasional, juga aman.

Sementara untuk kebencanaan geologi, petugas melakukan monitoring terus-menerus untuk gunung dengan level IV (AWAS). "Peringatan terhadap warga atau pengunjung terutama untuk gunung-gunung yang padat wisatawan, juga terus kami sampaikan,” katanya.

Dia mengemukakan kondisi stok BBM dan LPG dalam keadaan cukup dan penyaluran BBM nasional berjalan secara lancar. Seluruh stok jenis BBM, baik itu premium, solar, pertalite, kerosene, pertamax, pertamax turbo, pertamina dex, LPG hingga Avtur stok rata-rata di atas 20 hari.

“Biasanya usai silaturahmi, tempat-tempat wisata akan ramai dikunjungi. Kami fokus di titik-titik tersebut dan kondisi pasokan dalam kondisi aman. Demikian juga pasokan untuk arus balik, kami amankan,” tuturnya.

Tag : arus balik mudik
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top