Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MUDIK LEBARAN : Tiga Ruas Trans-Sumatra Dibuka Sementara

PT Hutama Karya akan membuka tiga ruas jalan tol di jalur Trans-Sumatra untuk dilalui sementara atau fungsional pada musim mudik Lebaran tahun ini.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 15 Juni 2017  |  08:26 WIB
Jalur Tol Trans Sumatra (ANT)
Jalur Tol Trans Sumatra (ANT)

Bisnis.com, JAKARTA — PT Hutama Karya akan membuka tiga ruas jalan tol di jalur Trans-Sumatra untuk dilalui sementara atau fungsional pada musim mudik Lebaran tahun ini.

Direktur Utama HK I Gusti Ngurah Putra menyatakan, ketiga ruas tersebut, yakni Bakauheni—Terbanggi Besar sepanjang 8 kilometer, Palembang—Indralaya seksi 1 sepanjang 7,75 kilometer, serta Medan—Binjai seksi 1 dan 2 sekitar 12 kilometer.

“Ketiga ruas itu akan kami buka [saat mudik Lebaran],” ujarnya, Rabu (14/6/2017).

Ruas Bakauheni—Terbanggi Besar yang dapat dilalui terletak pada paket 2 (Sidomulyo—Kotabaru) Segmen SS Kotabaru—SS Lematang sepanjang 5 kilometer dengan kondisi perkerasan beton tebal atau rigid pavement.

Secara keseluruhan, progres pembebasan lahan untuk ruas sepanjang 140,70 kilometer ini mencapai 78,51% dengan progres fisik 30,39%. Ruas ini ditargetkan operasional pada Juni 2018.

Sementara itu, bagian dari ruas tol Palembang—Indralaya yang dapat dilalui terletak pada seksi 1 Palembang—Pamulutan sepanjang 7,75 kilometer dengan kondisi flexible pavement.

Sejauh ini, progres pengadaan lahan untuk ruas sepanjang 21,93 kilometer tersebut mencapai 95,60%, dengan realisasi konstruksi sebesar 61,74%, dan ditargetkan beroperasi pada akhir tahun ini.

Adapun, dalam tol Medan—Binjai, bagian yang akan difungsionalkan yaitu seksi 2 Helvetia—Semayang sepanjang 6,18 kilometer dan seksi 3 Semayang—Binjai sepanjang 4,28 kilometer.

Secara umum, pemerintah berencana membuka beberapa ruas jalan tol Trans-Sumatra sepanjang 64,28 kilometer untuk arus mudik Lebaran ini.

Selain tol yang dimiliki Hutama Karya, pemerintah juga akan membuka tol Medan—Kualanamu—Tebing Tinggi seksi 2 hingga 6 sejak Bandara Kualanamu—Kota Sei Rempah sepanjang 41,60 kilometer dapat dilalui dengan kondisi perkerasan beton.

Save


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol trans sumatra hutama karya Mudik Lebaran
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top