Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUDIK LEBARAN 2017: Belum Ada Extra Flight di Bandara Sam Ratulangi

PT Angkasa Pura I (Persero) menyebutkan belum ada permintaan tambahan penerbangan atau extra flight di Bandara Sam Ratulangi, Manado menjelang mudik lebaran 2017.
Bandara Sam Ratulangi. /bandarasamratulangi
Bandara Sam Ratulangi. /bandarasamratulangi

Bisnis.com, MANADO -- PT Angkasa Pura I (Persero) menyebutkan belum ada permintaan tambahan penerbangan atau extra flight di Bandara Sam Ratulangi, Manado menjelang mudik lebaran 2017.

Menurut Yuristo Ardhi H, Communication & Legal Section Head, hingga pekan pertama Juni 2017 belum terjadi lonjakan penumpang secara signifikan.

Namun, pihak pengelola bandara sudah melakukan persiapan guna mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang seiring makin dekatnya waktu mudik lebaran.

Menurut Yuris, pihaknya telah melakukan evaluasi dan perbaikan layanan, antara lain pembersihan rubber deposit di runway, koordinasi kebersihan di area bandara, dan pemahaman keamanaan bersama para mitra usaha.

“Alat produksi terutama yang terkait dengan aspek keselamatan dan keamanan terus kami pastikan kesiapannya untuk melayani pengguna jasa yang terbang dari dan ke Manado selama musim mudik Lebaran tahun 2017,” jelas Yuris dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (14/6/2017).

Hingga akhir 2017, Angkasa Pura I menargetkan skor kualitas pelayanan bandara atau Airport Service Quality (ASQ) di 4,24.

Berdasarkan hasil penilaian Airport Council International (ACI), skor ASQ Bandara Sam Ratulangi mencapai 4,27 dari 5 skala Likert.

Yuris menambahkan, tahun ini Angkasa Pura I juga bakal membuka Posko Terpadu Angkutan Lebaran mulai 15 Juni 2017 hingga 11 Juli 2017.

Posko terpadu ini bakal terbagi menjadi Posko Pengawasan, Pelayanan, dan Monitoring Data, serta Posko Kesehatan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Sulawesi Utara, secara umum, dalam periode empat bulan pertama 2017, jumlah kedatangan dan keberangkatan penumpang di Bandara Sam Ratulangi mencapai 847.897 orang atau tumbuh 7,97% dibandingkan periode empat bulan pertama 2016.

Adapun secara khusus, tren kedatangan penumpang dari penerbangan internasional menunjukkan peningkatan signifikan. Jumlah kedatangan penumpang internasional tumbuh 280% dalam periode Januari-April 2017 menjadi 25.415.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper