Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OECD Prediksi Ekonomi Global Tumbuh 3,5%

Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) memroyeksikan perekonomian global tahun ini akan tumbuh pada laju tercepatnya selama enam tahun terakhir
Pertumbuhan/Ilustrasi
Pertumbuhan/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) memroyeksikan perekonomian global tahun ini akan tumbuh pada laju tercepatnya selama enam tahun terakhir. Produk domestik bruto (PDB) dunia diprediksi tumbuh 3,5% tahun ini dan 3,6% tahun depan.

Dalam laporan terbaru OECD Economic Outlook 2017, positifnya pertumbuhan ekonomi global tahun ini disebabkan oleh adanya pemulihan pada aktivitas perdagangan global. Hal itu mampu mengimbangi lemahnya outlook global pada perekonomian Amerika Serikat (AS).

OECD menyebutkan proyeksi terbaru itu naik dari perkiraan Maret 2017, yang memrediksi PDB global akan tumbuh 3,3% tahun ini. Adapun, apabila prediksi tersebut tercapai, maka pertumbuhan ekonomi global tahun ini dan tahun depan akan menjadi yang terbaik sejak 2011.

"Setelah lima tahun mengalami pertumbuhan yang lemah, kini kita lihat ada tanda-tanda perbaikan. Namun ekspansi ekonomi yang cenderung moderat saat ini tidaklah cukup. Kita harus berusaha memberikan komitmen yang kuat untuk mendukung ekonomi global,” kata " Sekretaris Jenderal OECD Angel Gurría, seperti dikutip dari keteragan resminya, Kamis (8/6/2017).

Gurría menambahkan komitmen yang lebih dalam, berkelanjutan, dan kolektif terhadap paket kebijakan  mendukung inklusivitas dan pertumbuhan produktivitas global sangat dibutuhkan oleh setiap negara. Dia pun berharap terciptanya arus globalisasi yang berbasis aturan yang lebih inklusif dan mampu  meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper