Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OECD Prediksi Ekonomi Global Tumbuh 3,5%

Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) memroyeksikan perekonomian global tahun ini akan tumbuh pada laju tercepatnya selama enam tahun terakhir
Yustinus Andri DP
Yustinus Andri DP - Bisnis.com 08 Juni 2017  |  11:55 WIB
Pertumbuhan - Ilustrasi
Pertumbuhan - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) memroyeksikan perekonomian global tahun ini akan tumbuh pada laju tercepatnya selama enam tahun terakhir. Produk domestik bruto (PDB) dunia diprediksi tumbuh 3,5% tahun ini dan 3,6% tahun depan.

Dalam laporan terbaru OECD Economic Outlook 2017, positifnya pertumbuhan ekonomi global tahun ini disebabkan oleh adanya pemulihan pada aktivitas perdagangan global. Hal itu mampu mengimbangi lemahnya outlook global pada perekonomian Amerika Serikat (AS).

OECD menyebutkan proyeksi terbaru itu naik dari perkiraan Maret 2017, yang memrediksi PDB global akan tumbuh 3,3% tahun ini. Adapun, apabila prediksi tersebut tercapai, maka pertumbuhan ekonomi global tahun ini dan tahun depan akan menjadi yang terbaik sejak 2011.

"Setelah lima tahun mengalami pertumbuhan yang lemah, kini kita lihat ada tanda-tanda perbaikan. Namun ekspansi ekonomi yang cenderung moderat saat ini tidaklah cukup. Kita harus berusaha memberikan komitmen yang kuat untuk mendukung ekonomi global,” kata " Sekretaris Jenderal OECD Angel Gurría, seperti dikutip dari keteragan resminya, Kamis (8/6/2017).

Gurría menambahkan komitmen yang lebih dalam, berkelanjutan, dan kolektif terhadap paket kebijakan  mendukung inklusivitas dan pertumbuhan produktivitas global sangat dibutuhkan oleh setiap negara. Dia pun berharap terciptanya arus globalisasi yang berbasis aturan yang lebih inklusif dan mampu  meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi global Pertumbuhan Ekonomi oecd
Editor : Gita Arwana Cakti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top