Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengusaha Ajukan Rute Tol Laut Surabaya-Biak

Kalangan pengusaha pemasok bahan pokok di Kabupaten Biak Numfor, Papua mengajukan permintaan pembukaan jalur tol laut rute Surabaya-Biak untuk menunjang kelacaran distribusi bahan makanan menghadapi Ramadan dan Lebaran 2017.

Bisnis.com, BIAK--Kalangan pengusaha pemasok bahan pokok di Kabupaten Biak Numfor, Papua mengajukan permintaan pembukaan jalur tol laut rute Surabaya-Biak untuk menunjang kelacaran distribusi bahan makanan menghadapi Ramadhan dan hari raya Idul fitri 1438 Hijriyah.

Asisten II Sekretaris Daerah Biak Bidang Ekonomi, Mahasunu di Biak, Kamis mengatakan permintaan pengusaha pemasok kebutuhan bahan pokok telah disampaikan kepada Pemkab Biak Numfor pada rapat kesiapan kebutuhan hari raya.

Mahasunu menyebutkan, alasan permintaan pembukaan tol laut jalur Surabaya-Biak lebih menguntungkan pengusaha local untuk menjamin terpenuhi suplai kebutuhan bahan pokok ke Biak Numfor.

Keuntungan lain dengan dibukanya rute Surabaya-Biak, menurut Mahasunu, berdampak dengan biaya lebih murah karena berbagai kebutuhan bahan pokok mudah dipenuhi dari Surabaya karena merupakan pusat produksi.

Adanya keluhan pengusaha pemasok bahan pokok dengan ketersediaan jalur tol laut tersedia saat ini Makassar-Biak, lanjutnya, telah menjadi perhatian pemkab untuk diteruskan kepada pemerintah pusat di Jakarta.

"Pemkab Biak melalui dinas perindag akan menyampaikan permintaan pengusaha pemasok bahan pokok kepada Kementerian Perhubungan dan kementerian Perdagangan dan kementerian terkait di lainnya di Jakarta," ujar Asisten II Sekda Mahasunu menanggapi permintaan pengusaha pemasok bapok di Biak.

Mahasunu mengakui, selama ini suplai bahan pokok ke Biak dominan dari Surabaya dan Makassar, Sulawesi Selatan serta beragam jenis sayur mayor dari Manado.

Berdasarkan data rute tol laut Makassar-Biak dilayani kapal barang Caraka dominan dimanfaatkan pengusaha bahan bangunan dengan memasok semen dan barang campuran untuk memenuhi kebutuhan warga Biak sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Rustam Agus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper