Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Stabilkan Harga, Bulog Mulai Distribusikan Bawang Putih

Perum Bulog mendistribusikan 100 ton bawang putih ke Jakarta dan sekitarnya mulai Jumat (12/5/207) untuk menstabilkan harga bawang putih.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 13 Mei 2017  |  01:47 WIB
Pedagang menata bawang putih impor di pasar kota, Lhokseumawe, Aceh, Jumat (12/5). - Antara/Rahmad
Pedagang menata bawang putih impor di pasar kota, Lhokseumawe, Aceh, Jumat (12/5). - Antara/Rahmad

Bisnis.com, JAKARTA - Perum Bulog mendistribusikan 100 ton bawang putih ke Jakarta dan sekitarnya mulai Jumat (12/5/207) untuk menstabilkan harga bawang putih yang masih tinggi di tingkat konsumen. Harga bawang putih maksimal Rp38.000 per kg di tingkat konsumen, sesuai yang ditetapkan pemerintah.

Secara bertahap Bulog masih akan mendistribusikan 300-500 ton bawang putih ke Jabodetabek, serta beberapa kota di Jawa Timur dan Jawa Barat. Stok tersebut merupakan bagian dari penugasan importasi 1.000 ton bawang putih dari China.

Direktur Pengadaan Bulog Tri Wahyudi Saleh menyampaikan Bulog menyiapkan anggaran Rp30 miliar untuk menstabilkan harga bawang putih yang tinggi menjelang Ramadan. Importasi sudah dilakukan setelah memperoleh surat penugasan dari Kementerian BUMN pada awal Mei.

Tri menyampaikan China sebagai produsen bawang putih terbesar mulai memasuki masa panen, sehingga harga cenderung akan terus turun. Adapun, pada April kemarin, harga bawang putih memang masih cenderung tinggi.

"Stok 100 ton berasal dari China. Sedangkan serapan bawang putih lokal kami sebanyak 1,1 ton dari Temanggung, Jawa Tengah," tuturnya melalui pesan singkat pada Jumat (12/5/2017).

Tri menambahkan Bulog juga menyiapkan stok bawang merah sebanyak 1.000 ton untuk menghadapi Ramadan dan Idulfitri. Distribusi mulai dilakukan di Jabodetabek untuk menstabilkan harga. "Selain bawang putih, Bulog juga menstabilkan bawang merah dari Jabodetabek dengan bawang dari Brebes."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bulog bawang
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top